Bus litrik BYD sudah beredar di beberapa negara termasuk Indonesia. Baru-baru produsen kendaraan listrik tersebut muncul dengan bus tingkat (double decker) dengan seri BD 11. Peluncuran seremonial di lakukan di Museum Bus London. Bus tingkat yang baru ini ditenagai oleh baterai Blade 532 kWh yang bisa menempuh jarak sekitar 640 kilometer (400 mil). Tenaga baterai tersebut diklaim mampu menempuh jarak antra 100 dan 200 mil per harinya dan cukup untuk transportasi di dalam kota.
BYD mengatakan konsumsi energinya 0,9 mil per kWh dengan kapasitas baterai yang dapat digunakan sebesar 457 kWh. Baterai tersebut terpasang pada sasis (CTB/Cell to Body) ) yang mengurangi bobot bus 8%, meningkatkan jangkauan, dan menyisakan lebih banyak ruang untuk penumpang.
BD11 memiliki panjang 10,9 meter dengan wheelbase 5,44 meter. Lebarnya 2,55 meter dan tingginya 4,3 meter. Tergantung pada konfigurasi, bus ini dapat mengangkut hingga 90 penumpang. Bus ini ditenagai oleh dua motor roda 150 kW yang membantu meningkatkan ruang kabin dan membantu radius putar 8,0 meter. Pengisian daya dapat dilakukan melalui pantograph (overhead) 500 kW opsional atau melalui port pengisian standar. Seperti mobil BYD lainnya, bus ini dipasang lebih dari satu pengisi daya sekaligus untuk meningkatkan kecepatan pengisian. Pengisi daya pantograph dapat mengisi daya bus dari 0-100% dalam waktu dua jam. .
Bus ini sekarang lagi proses tender di Inggris, untuk mengganti armada bus kota bus New Routemaster yang terkenal tersebut. Go-Ahead Group yang mengoperasikan bus kota Transport for London (TfL) akan segera memesan 100 bus. Menurut The Sunday Times, harga masing-masing bus adalah 400.000 Poundsterling. Harga ini 100.000 Pounds lebih murah daripada kompetitor. Bus BYD rencananya akan dibuat di China.
BYD sebelumnya bermitra dengan produsen Inggris Alexander Dennis dan tahun lalu merayakan pengiriman bus ke-1500 di Inggris, tetapi kemitraan tersebut telah putus dengan kedua mitra yang melakukannya sendiri, setelah pengiriman lebih dari 1.800 bus. Namun BYD menekankan bahwa 34% komponen yang digunakan dalam BD11 berasal dari Eropa.
New Routemaster, juga dikenal sebagai Boris Bus, diperkenalkan pada tahun 2011 dan merupakan bus tingkat hibrida diesel. TfL berencana untuk menghapus bus tersebut dalam beberapa tahun mendatang untuk mencapai tujuan armada bus listrik penuh pada tahun 2030. Saat ini BYD tampaknya berada di posisi terdepan, tetapi tekanan politik mungkin masih bisa berarti perubahan arah atau bus China hanya menjadi bagian dari armada.
BYD diyakini akan memenangkan kompetisi untuk menggantikan bus New Routemaster di London, Inggris. .