Pasar Mobil Bekas Indonesia Tetap Diminati: Generasi Milenial Ciptakan Tren Baru di Industri Resale

Pasar mobil bekas di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, didorong oleh peningkatan pendapatan, pertumbuhan jumlah keluarga, dan kemudahan akses pembiayaan. Pada tahun 2024, pasar mobil bekas di Indonesia diproyeksikan mencapai USD 56,34 miliar, dan akan terus meningkat hingga USD 74,48 miliar pada tahun 2028.

Di garda terdepan perubahan ini adalah generasi Milenial, yang kini semakin aktif dalam mencari kendaraan yang memberikan nilai terbaik bagi uang mereka. Data dari Carro, Tempat Jual Beli Mobil Bekas Online No. 1 di Asia Pasifik, menunjukkan bahwa 64% dari semua penjualan mobil bekas mereka di semester pertama 2024 melibatkan pelanggan Milenial, dan diperkirakan persentasenya akan terus meningkat.

“Kami melihat banyak faktor positif yang terus mendorong pasar mobil bekas, seperti peningkatan pendapatan, jumlah keluarga yang semakin banyak, dan juga credit score yang semakin baik,” ujar Bryan Tan, Country Head Carro Indonesia. “Banyak masyarakat Indonesia yang mencari kendaraan berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau, dan dealer mobil terpercaya seperti Carro, yang menyediakan berbagai tipe mobil dengan beragam harga, telah menjadi pilihan utama bagi banyak orang.”

Tren ini juga didukung oleh meningkatnya minat akan kendaraan yang lebih besar, seperti MPV dan SUV, karena banyak Milenial yang mencari kendaraan bermuatan banyak dengan anggaran terbatas. Berdasarkan data dari Carro, beberapa pilihan mobil yang paling populer bagi kalangan Milenial pada paruh pertama tahun 2024 adalah Multipurpose Vehicle (MPV) dengan 41% penjualan, diikuti City Car dengan 35%, dan Sport Utility Vehicle (SUV) dengan 22%.

“Popularitas dari tipe-tipe mobil ini mencerminkan preferensi Milenial akan kepraktisan, gaya, dan fungsionalitas. Asalkan mobil yang dibeli bebas dari bekas banjir dan kecelakaan, serta dalam kualitas yang baik, mobil bekas dapat memberikan kenyamanan seperti layaknya mobil baru,” jelas Tan.

Untuk membantu para Milenial serta masyarakat luas Indonesia memiliki mobil bekas impian mereka, Carro memperkenalkan ‘Carro Certified’, sertifikasi jaminan kualitas mobil yang tidak dapat ditemukan pada dealer lain. Sertifikasi ini mencakup 160 titik inspeksi, garansi uang kembali 5 hari, garansi 12 bulan mesin dan transmisi, bebas manipulasi jarak tempuh, serta bebas dari kerusakan berat akibat banjir, kecelakaan, dan kebakaran.

“Yang diinginkan pembeli adalah mobil berkualitas yang sesuai dengan keinginan dan budget mereka. Mereka mencari dealer terpercaya yang terus menemani mereka selama kepemilikan. Di Carro, kami tidak hanya menawarkan mobil yang berkualitas, tetapi juga teknologi, riset, dan kemahiran untuk memastikan setiap pembeli dapat pulang dengan hati yang tenang,” simpul Tan.

Saat ini, Carro memiliki 9 cabang di Jakarta, BSD, Bogor, Bekasi, Semarang, Surabaya, Denpasar, Makassar, dan Palembang, serta menawarkan berbagai promosi menarik setiap bulannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts