Pertamina Lubricants Perluas Pasar Pelumas ke Afsel

Pertamina (Persero) melalui anak usahanya, PT Pertamina Lubricants, terus memperluas pasar pelumas ke luar negeri. Salah satu negara yang menjadi target pasar Pertamina Lubricants adalah Afrika Selatan.

VP Sales Overseas Pertamina Lubricants Syafaat Jajuli mengatakan bahwa Afrika Selatan merupakan negara yang memiliki potensi pasar pelumas yang besar. Hal ini didukung oleh pertumbuhan ekonomi yang pesat dan meningkatnya jumlah kendaraan di negara tersebut. Menurut laporan dari Mordor Intelligence, potensi pertumbuhan industri oli di benua tersebut, masih tinggi dan diprediksi akan meningkat 4 persen atau naik menjadi 1,24 miliar liter pada 2026,.

Untuk itulah, Pertamina Lubricants terus mengembangkan strategic partnership dengan beberapa jaringan spare part shop yang memiliki ratusan outlet di seluruh wilayah Afrika Selatan sekaligus membangun jaringan bengkel own-channel Pertamina Lubricants.  “Afrika Selatan merupakan negara yang memiliki potensi pasar pelumas yang besar. Pertumbuhan ekonomi yang pesat dan meningkatnya jumlah kendaraan di negara tersebut menjadi peluang bagi Pertamina Lubricants untuk memperluas pasar,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu, tambah Syafaat,  Pertamina Lubricants juga melakukan sponsorship ke berbagai event motorsport di Killarney International Raceway yang kerap menjadi areabalap motocross, karting, drag race dan truck race.

Pada tahap awal, Pertamina Lubricants akan memasarkan produk-produk pelumas otomotifnya di Afrika Selatan. Produk-produk tersebut antara lain Fastron Series, Prima XP, dan Mesran.

Strategi untuk masuk di pasar Afrika merupakan bagian dari rencana jangka panjang Pertamina Lubricants dalam pengembangan pasar overseas salah satunya dengan membangun hubungan distributor yang kuat melalui country distributor Indolube Pty Ltd.

Saat ini, Pertamina Lubricants telah mengekspor produk-produknya ke lebih dari 50 negara di dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts