Suzuki sedang mengembangkan sistem timing klep variabel (VVT) untuk motor sport bermesin dua silinder berkubikasi kecil. Teknologi ini mirip dengan teknologi yang sudah diadopsi oleh pabrikan kompetitor. Suzuki bukan pabrikan baru dalam teknologi VVT, namun mereka belum melengkapinya pada motor sport twin dua silinder mereka.
Suzuki GSX-R1000 terbaru memang sudah dilengkapi dengan sistem VVT, tetapi yang terbaru yang sedang dikembangkan di Hamamatsu ini ditujukan untuk motor sport twin dua silinder mereka.
Menurut paten yang diterbitkan oleh Motorrad, sistem VVT kembar dua silinder Suzuki yang baru ini akan menggunakan dua profil camshaft yang berbeda, dengan dua rocker arm katup intake yang berbeda dan dua cam intake yang berbeda. Tekanan oli digunakan untuk mengaktifkan aktuator yang mendorong atau menarik pin yang menghubungkan rocker arm kedua dari dua katup intake mesin ke cam intake kedua.
Satu profil camshaft, yang disebut sebagai profil high-cam, membuka katup lebih lebar dan lebih lama daripada yang lain, yang disebut sebagai profil low-cam. Profil high-cam menawarkan performa yang lebih agresif untuk putaran mesin yang lebih tinggi, sedangkan profil low-cam menawarkan performa yang tidak terlalu agresif tetapi lebih progresif untuk putaran mesin rendah (misalnya saat pengendara pertama kali membuka throttle saat keluar tikungan).
Sistem ini mirip dengan yang digunakan pada mesin silinder tunggal oleh Yamaha dan Piaggio, tetapi tentu saja Suzuki berbeda dalam aplikasinya pada motor kembar dua silinder.
Masalahnya untuk pasar Eropa adalah Suzuki tidak menjual motor sport kembar dua silinder berkapasitas kecil di sana. Dan paten tersebut menunjukkan sistem yang digunakan pada mesin kembar 248cc yang dipakai pada GSX-250R dan V-Strom 250, misalnya, yang tidak dipasarkan di Eropa.Agar pasar motor Eropa dapat memanfaatkan teknologi VVT kembar dua silinder berkapasitas kecil Suzuki – dengan asumsi teknologi ini nantinya akan diproduksi massal – kemungkinan teknologi ini dipakai pada motor Suzuki baru berkapasitas 350-500cc.