Toyota Hadirkan Taisor, SUV Berbasis Maruti Fronx!

Toyota sudah lama diisukan akan mengeluarkan versi rebadge dari Maruti Suzuki Fronx, dan kini tanggal peluncurannya telah resmi dikonfirmasi pada April ini .Pada Agustus 2023 lalu , Toyota telah mendaftarkan nama “Urban Cruiser Taisor” di India, yang kemungkinan besar akan menjadi nama resmi Fronx versi Toyota. Sama seperti model berbagi yang sudah ada antara kedua merek ini, diprediksi akan ada sedikit perbedaan  pada bagian eksterior dan interior, meskipun secara keseluruhan akan tetap identik.

Perubahan pada Fronx versi Toyota ini diperkirakan akan mengikuti jejak Baleno-Glanza, mengingat Fronx sendiri berbasis pada Baleno. Bumper yang seluruhnya baru dengan desain lampu depan yang berbeda dengan Fron.  Lampu daytime running LED dengan signature baru, velg alloy baru, lampu belakang baru. Tidak akan ada perubahan pada body mobil – perbedaan hanya akan terlihat pada bagian plastik lunak.

Untuk bagian interior, dashboard akan identik dengan Fronx, tetapi diperkirakan akan hadir dengan warna dan bahan trim baru. Jok mobil juga diharapkan mendapatkan pelapis baru. Meskipun daftar perlengkapan pada model top-of-the-line akan identik, mengikuti pola model berbagi yang ada, Toyota kemungkinan akan menawarkan Fronx versi rebadge ini dalam lebih sedikit varian.

Fronx menawarkan dua pilihan mesin – mesin BoosterJet 1.0 liter yang menghasilkan 100hp dan 147Nm, dan mesin bensin 1.2 liter naturally aspirated 90hp dan 113Nm, dengan transmisi manual 5-percepatan. Untuk Taisor bermesin turbo-bensin bertransmisi otomatis torque converter 6-percepatan sedangkan mesin bensin mendapatkan AMT 5-percepatan.

Mesin bensin 1.2 liter dipastikan akan dibawa ke Taisor – lebih dari 80 persen pembeli Fronx memilih mesin ini – tetapi masih belum jelas apakah mesin Boosterjet juga akan digunakan. Jika demikian, maka ini akan menjadi mesin turbo-bensin pertama di jajaran Toyota yang didominasi oleh mesin hybrid dan diesel. Fronx juga tersedia dengan pilihan powertrain CNG.

Urban Cruiser Taisor akan menandai kembalinya Toyota ke segmen SUV sub-4 meter setelah Urban Cruiser berbasis Brezza dihentikan produksinya pada akhir tahun 2022 lalu.

Selain Fronx, mobil ini akan bersaing dengan SUV kompak lainnya seperti Tata Nexon, Hyundai Venue, Mahindra XUV300, Maruti Suzuki Brezza dan banyak lagi. Untuk harganya, perkirakan sedikit lebih mahal dari Fronx.

Tidak ada kepastian apakah mobil ini bakal masuk ke Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts