Liberty Media Akuisisi MotoGP

Liberty Media Corporation mengumumkan kesepakatan untuk mengakuisisi MotoGP. MotoGP adalah kompetisi balap motor paling bergengsi di dunia, yang  menampilkan 22 pembalap dengan  motor prototipe khusus di sirkuit-sirkuit terbaik dunia, mencapai kecepatan puncak di atas 360 kilometer per jam.

Berawal dari musim pertama 1949 dengan enam seri di Eropa, olahraga ini telah berkembang menjadi lebih dari 20 Grand Prix di lima benua, dengan siaran televisinya menjangkau ratusan juta penonton di seluruh dunia.

Dalam kesepakatan baru ini, Dorna Sports S.L., pemegang hak komersial dan hak siar eksklusif MotoGP akan tetap menjadi perusahaan yang dikelola secara independen di bawah kepemilikan saham Formula One Group milik Liberty Media. Carmelo Ezpeleta, yang menjabat sebagai CEO sejak 1994, akan mempertahankan posisinya dan terus menjalankan bisnis bersama tim manajemennya dan  kantor pusat perusahaan akan tetap berada di Madrid.

Dorna juga memegang hak eksklusif untuk kejuaraan balap motor lainnya, termasuk seri pendukung MotoGP,  Moto2 dan Moto3, FIM Enel MotoE  World Championship, MOTUL FIM Superbike World Championship, dan FIM Women’s Circuit Racing World Championship.

Liberty Media akan mengakuisisi sekitar 86% saham Dorna, sementara manajemen Dorna akan mempertahankan sekitar 14% kepemilikan saham mereka. Transaksi ini mencerminkan nilai perusahaan untuk Dorna/MotoGP sebesar  Euro 4,2 miliar dan nilai ekuitas sebesar  Euro 3,5 miliar.  

“Kami sangat senang memperluas portofolio aset olahraga dan hiburan live terkemuka kami dengan mengakuisisi MotoGP,” kata Greg Maffei, Presiden dan CEO Liberty Media. “MotoGP adalah liga global dengan basis penggemar yang loyal dan antusias, balapan yang menawan, dan profil keuangan yang menghasilkan arus kas yang tinggi. Carmelo dan tim manajemennya telah membangun tontonan olahraga luar biasa yang dapat kami perluas ke audiens global yang lebih luas. Bisnis ini memiliki potensi pertumbuhan yang signifikan, dan kami bermaksud mengembangkan olahraga ini untuk para penggemar MotoGP, tim, mitra komersial, dan pemegang saham kami.”

“Ini adalah langkah selanjutnya yang sempurna dalam evolusi MotoGP, dan kami sangat antusias dengan apa yang akan dibawa oleh pencapaian ini untuk Dorna, paddock MotoGP, dan para penggemar balap,” kata Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna. “Kami bangga dengan olahraga global yang telah kami kembangkan, dan transaksi ini merupakan bukti dari nilai olahraga saat ini dan potensi pertumbuhannya. Liberty Media memiliki rekam jejak luar biasa dalam mengembangkan aset olahraga, dan kami tidak dapat berharap mendapatkan mitra yang lebih baik untuk memperluas basis penggemar MotoGP di seluruh dunia.”

Akuisisi ini diperkirakan akan selesai pada akhir tahun 2024.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts