H Andy Surya Santosa, Juara Rally dan Balap Mobil 2023

Ada pembalap yang spesialis di satu cabang olahraga balap, misalnya hanya di rally. Atau di balap mobil saja. Tapi, H Andy Surya Santosa piawai di keduanya. Buktinya, andalan Gazpoll Racing Team ini berhasil meraih juara nasional di rally dan juara umum di balap mobil ISSOM.

“Alhamdulilah, tahun lalu bisa menjadi juara di keduanya : rally dan balap mobil. Rally juara nasional di Group R, sedangkan di balap mobil ISSOM menjadi juara umum kelas Indonesia Retro Car C2,” ungkap H Andy Surya Santosa saat menjadi nara sumber pada Talk Show Motorsport di IIMS 2024.

Pada acara yang dipandu oleh host dan race commentator kondang Ricky Sitompul tersebut, H Andy Surya Santosa menambahkan bahwa baik rally maupun balap mobil memlliki tingkat keseruan sendiri-sendiri. “Kalau rally, kita mesti percaya dengan co-driver. Sedangkan untuk balap mobil, ya mesti percaya diri sendiri, harus hafal dengan lay out sirkuit agar bisa meraih hasil terbaik,” terang bos sebuah perusahaan ekspedisi global tersebut.

Andy Surya mengaku, sebenarnya tidak hanya rally dan balap mobil, saya juga turun di speed offroad. Namun tahun lalu, fokus di rally dan balap mobil. Kalau ditanya suka mana, terus terang rally. Karena menurut saya lebih menantang. Balapannya lebih dari 100 km.  “Dari ngebut yang nggak ada ujungnya di tengah hutan, ban pecah, trouble engine, semua saya nikmati. Karena ini bagian tantangan yang saya sukai,” paparnya.

Karena sudah menjadi juara nasional kelas R di rally dan C2 Indonesia Retro Car di ISSOM, rencananya tahun depan akan naik level. “Tapi naik ke kelas apa, saya belum bisa announce sekarang. Tunggu kejutan berikutnya,” senyum H Andy Surya Santosa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts