Toyota kembali berinovasi dengan meluncurkan konsep terbaru mereka, Toyota RAV-X, di ajang SEMA Show di Las Vegas. Berdasarkan model Toyota RAV4 Prime plug-in hybrid, RAV-X dirombak total untuk menjadi SUV yang siap menaklukkan medan berat ala reli Dakar. Konsep ini hadir dengan tampilan lebih garang dan performa yang ditingkatkan melalui suspensi yang lebih tinggi serta bodi yang lebih tangguh.
Dikembangkan oleh tim Toyota Service Parts and Accessories Development (SPAD), RAV-X menampilkan berbagai penyesuaian yang dirancang untuk performa off-road. Mulai dari sketsa hingga desain CAD dan komponen cetak 3D, proyek ini menjadi pencapaian besar tim SPAD dalam menciptakan “halo car” untuk jajaran RAV4.
Modifikasi terbesar terletak pada bagian suspensi, dengan ketinggian yang ditingkatkan 2 inci serta lebar lintasan 6,3 inci lebih lebar dibandingkan model standar. RAV-X dilengkapi dengan suspensi long-travel dan internal-bypass dampers 2,5 inci dari Fox di bagian depan dan belakang, yang memungkinkan pengaturan kompresi kecepatan ganda. Untuk menjaga temperatur oli yang ideal, ada tambahan reservoir eksternal di depan dan reservoir piggyback di belakang. Toyota juga menambahkan forged aluminum control arms di depan dan rear upper supports berbahan aluminium di belakang.
Meskipun tidak banyak perubahan pada sistem penggerak, yang tetap mengusung mesin 2.5 liter empat silinder dan tiga motor listrik dengan transmisi otomatis CVT, Toyota menambahkan pelindung seperti skid plates di bagian depan dan belakang serta rocker panel yang lebih tinggi untuk meningkatkan ground clearance. Toyota menyebutkan tenaga RAV-X sekitar 302 hp sebelum penambahan sistem ram air intake, yang kemungkinan menghasilkan sedikit peningkatan daya dari versi plug-in hybrid standar.
Bumper depan didesain ulang menyerupai mobil reli Dakar seperti GR DKR Hilux, lengkap dengan saluran pendingin besar, lampu LED Rigid, dan kait derek merah. Fitur lain termasuk fender yang lebih lebar, ventilasi tambahan pada kap mesin, mud flap merah, dan spoiler belakang. Di bagian belakang, terdapat bumper dengan high-clearance dual exhaust dan lampu belakang beraksen hitam dengan lip spoiler kecil.
RAV-X menggunakan velg aluminium 17 inci yang dicat putih dan dilengkapi ban 265/65R-17. Aksen merah di bagian depan dan aksen hitam di bagian belakang menambah kesan sporty dan tangguh pada SUV ini.
Walau kemungkinan RAV-X tidak akan masuk jalur produksi, konsep ini memperlihatkan kemampuan dan potensi Toyota dalam menciptakan SUV off-road yang lebih bertenaga. Kehadiran RAV-X bisa menjadi inspirasi bagi Toyota untuk menghadirkan varian off-road tangguh di masa depan bagi penggemar SUV yang mendambakan kendaraan siap tempur di berbagai medan.