Kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang menjadi ancaman global. Berdasarkan data World Health Organization (WHO), kanker menjadi penyebab kematian terbesar kedua di dunia, dengan sekitar 9,7 juta kematian pada 2022 dan lebih dari 20 juta kasus baru setiap tahunnya. Di Indonesia sendiri, kanker payudara menempati posisi teratas sebagai penyebab kematian, disusul oleh kanker serviks, paru-paru, dan kolorektal, dengan lebih dari 408.000 kasus baru pada 2022.
Memperingati Breast Cancer Awareness Month pada Oktober, PT Federal International Finance (FIFGROUP), anak perusahaan PT Astra International Tbk, menunjukkan dukungannya melalui acara Pink Walk – Indonesia Goes Pink 2024 yang diadakan oleh Lovepink Indonesia di Lobby Plaza Indonesia, Jakarta, pada Minggu, 27 Oktober 2024.
Pada acara bertema “Celebrate Life, Above & Beyond” ini, FIFGROUP mendukung penuh melalui donasi berupa doorprize satu unit motor listrik Honda EM1 yang diserahkan langsung oleh Direktur FIFGROUP, Esther Sri Harjati. Partisipasi FIFGROUP melibatkan kegiatan dari CSR melalui pilar FIFGROUP Sehat serta kolaborasi dengan FIFGROUP Runners, mengajak karyawan dan masyarakat untuk melakukan langkah preventif dalam pencegahan kanker payudara dengan semangat SADARI (Periksa Payudara Sendiri).
“Kesadaran dan keterlibatan aktif dari semua pihak dalam pencegahan dan penanggulangan kanker payudara sangat penting. Melalui Pink Walk ini, kami berkomitmen mendukung Love Pink dalam menyebarkan pesan dan meningkatkan kesadaran untuk mewujudkan Indonesia bebas kanker payudara stadium lanjut pada 2030,” tutur Esther.
Ia juga menambahkan bahwa kampanye ini mendukung implementasi Sustainable Development Goals (SDG’s), terutama Goal 3 (Good Health and Well-Being), Goal 5 (Gender Equality), dan Goal 17 (Partnership for the Goals).
Pink Walk di Plaza Indonesia ini diikuti para penyintas kanker payudara yang mengenakan kostum serba pink dalam parade di jalan protokol Jakarta. Co-Founder Lovepink Indonesia, Madelina Mutia, menyampaikan apresiasi kepada FIFGROUP atas dukungan yang luar biasa. “Semoga dengan acara ini, masyarakat semakin sadar akan pentingnya SADARI sejak dini,” ujar Madelina.
Kegiatan ini juga sejalan dengan diluncurkannya “Rencana Pencegahan dan Pengendalian Kanker Nasional 2024-2034” oleh Kementerian Kesehatan di acara Konferensi Kanker Internasional Indonesia (IICC) awal Oktober 2024. Salah satu fokus utamanya adalah deteksi dini melalui kampanye SADARI dan SADANIS (Periksa Payudara secara Klinis).
Selain di Pink Walk 2024, FIFGROUP juga mengadakan kampanye Cancer Fighter pada 10-12 Juli 2024 yang melibatkan seminar “Edukasi Deteksi Dini Kanker Payudara dan Praktik SADARI” bersama Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) dan deteksi dini kanker serviks di Puskesmas Cilandak, Jakarta Selatan.
Melalui dukungan ini, FIFGROUP terus berkomitmen untuk berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya deteksi dini kanker payudara, sekaligus berupaya mengurangi angka kematian akibat kanker di Indonesia.