Hyundai dan Waymo Kembangkan Teknologi Mobil Otonom

Hyundai Motor Company dan Waymo bekerjasama tahun untuk mengembangkan mobil otonom. Fase pertama dari kemitraan ini akan melibatkan integrasi teknologi otonom generasi keenam Waymo—Waymo Driver—ke dalam SUV listrik Hyundai IONIQ 5, yang nantinya akan ditambahkan ke armada Waymo One.

Kendaraan IONIQ 5 yang diproduksi untuk armada Waymo akan dirakit di fasilitas manufaktur EV terbaru Hyundai, Hyundai Motor Group Metaplant America (HMGMA) di Georgia, Amerika Serikat, sebelum dipasangkan dengan teknologi otonom Waymo. Kedua perusahaan ini berencana memproduksi armada IONIQ 5 yang dilengkapi teknologi otonom dalam jumlah besar selama beberapa tahun untuk mendukung ekspansi skala Waymo One. Pengujian pertama di jalan dengan IONIQ 5 berteknologi Waymo akan dimulai pada akhir 2025 dan siap digunakan oleh pengguna Waymo One dalam beberapa tahun mendatang.

“Kami sangat senang bermitra dengan Hyundai untuk mewujudkan misi kami menjadi pengemudi paling terpercaya di dunia,” ujar Tekedra Mawakana, co-CEO Waymo. “Fokus Hyundai pada keberlanjutan dan roadmap kendaraan listrik yang kuat membuat mereka menjadi mitra yang ideal bagi kami untuk membawa layanan otonom penuh kami ke lebih banyak pengguna di berbagai tempat.”

José Muñoz, presiden dan COO global Hyundai Motor Company, serta presiden dan CEO Hyundai Motor North America, menambahkan, “Hyundai dan Waymo memiliki visi yang sama untuk meningkatkan keselamatan, efisiensi, dan kenyamanan dalam mobilitas. Teknologi transformatif Waymo meningkatkan keselamatan di jalan, dan IONIQ 5 adalah kendaraan yang tepat untuk memperluas skala ini lebih jauh. Tim kami di fasilitas manufaktur baru siap mengalokasikan sejumlah besar kendaraan untuk armada Waymo One yang terus berkembang.”

Hyundai juga mengumumkan peluncuran bisnis foundry kendaraan otonom, yang akan menyediakan kendaraan berteknologi otonom SAE Level 4 atau lebih tinggi untuk perusahaan-perusahaan otonom global. “Tidak ada mitra yang lebih baik untuk perjanjian pertama kami selain Waymo, pemimpin industri ini,” kata Chang Song, Presiden dan Kepala Divisi Advanced Vehicle Platform (AVP) Hyundai Motor Group.

Hyundai IONIQ 5 akan dilengkapi dengan modifikasi khusus seperti perangkat keras cadangan dan pintu otomatis. Kendaraan listrik yang memenangkan berbagai penghargaan ini dirancang untuk dapat beroperasi dalam jangka waktu lama dengan sekali pengisian daya, didukung oleh arsitektur 800 volt yang memungkinkan pengisian daya sangat cepat. Interior yang luas juga menawarkan kenyamanan lebih bagi penumpang.

Waymo adalah perusahaan teknologi berkendara otonom dengan misi menjadi pengemudi paling terpercaya di dunia. Sejak didirikan sebagai Google Self-Driving Car Project pada 2009, Waymo telah mengembangkan teknologi World’s Most Experienced Driver™ untuk meningkatkan akses mobilitas sambil menyelamatkan ribuan nyawa yang hilang akibat kecelakaan lalu lintas.

Sumber : PRNewswire

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts