Kalle Rovanperä Kuasai Rally Chile Bio Bío

Kalle Rovanperä berhasil menaklukkan Rally Chile Bio Bío pada Minggu lalu, meskipun harus menghadapi kabut tebal dan kondisi jalan yang sangat berbahaya. Kemenangan ini menjadi yang keempat bagi Rovanperä dalam musim FIA World Rally Championship (WRC) 2024.

Mengendarai Toyota GR Yaris Rally1 HYBRID, pembalap asal Finlandia ini unggul 23,4 detik di depan rekan setimnya dari Toyota GAZOO Racing, Elfyn Evans. Sepanjang balapan di wilayah Bio Bío, Rovanperä berhasil menguasai jalanan yang semakin licin dan menantang.

Meski awalnya mengaku tidak nyaman dengan karakteristik gravel di Chile, Rovanperä secara perlahan menemukan ritmenya. Momen krusial terjadi pada Sabtu sore ketika ia berhasil menyalip Evans di tengah kondisi visibilitas hampir nol, menavigasi kabut tebal di tahap pegunungan dan mengambil alih keunggulan 15,1 detik menjelang hari terakhir.

Juara dunia WRC dua kali ini tampil tenang di tengah kondisi sulit pada hari Minggu, berhasil mengalahkan Evans di tiga dari empat tahap terakhir untuk mengamankan kemenangan ke-15 dalam karirnya di WRC.

Di posisi ketiga, Ott Tänak dari Hyundai Motorsport, terpaut 20,5 detik dari Evans dengan i20 N Rally1 HYBRID miliknya. Namun, meskipun Tänak berhasil naik podium, Hyundai justru kehilangan poin di kejuaraan pabrikan setelah Toyota memangkas selisih menjadi hanya 17 poin, berkat penampilan gemilang Rovanperä dan Evans, serta perolehan poin penting dari Sébastien Ogier di Super Sunday.

“Rasanya sangat menyenangkan,” ungkap Rovanperä seperti dikutip WRC.com . “Terima kasih banyak kepada tim, mobil, dan semuanya yang bekerja dengan sempurna. Kemenangan ini terasa sangat berarti, mengingat hari Jumat sangat sulit dan kondisi sepanjang akhir pekan cukup menantang.”

Pimpinan klasemen sementara, Thierry Neuville, finish di posisi keempat tanpa banyak drama, semakin mendekatkan dirinya pada gelar juara WRC perdananya. Dengan dua putaran tersisa, Neuville kini unggul 29 poin di puncak klasemen.

Meski Ogier berhasil mengamankan poin maksimal di Super Sunday, harapannya untuk meraih gelar juara WRC kesembilan semakin tipis. Ogier harus mengakhiri balapan pada hari Sabtu setelah suspensi mobilnya rusak karena menabrak batu.

Sementara itu, Adrien Fourmaux dari M-Sport Ford menyelesaikan balapan di posisi kelima, disusul oleh bintang baru Toyota, Sami Pajari, yang tampil impresif dengan finish di urutan keenam pada penampilan keduanya di Rally1.

Kejuaraan WRC akan kembali ke Eropa untuk putaran berikutnya di Central European Rally, yang akan berlangsung pada 17-20 Oktober mendatang, dengan lintasan yang mencakup Jerman, Austria, dan Republik Ceko.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts