MySuzuki Mampu Dongkrak Penjualan Komponen Suzuki di Akhir Tahun

Solusi digital pembelian spare parts original Suzuki bagi pelanggan seluruh Indonesia yang akrab dikenal dengan nama MySuzuki telah diluncurkan pada 2018 lalu. Kehadiran aplikasi yang melayani pembelian spare parts, aksesoris, genuine oil & chemical, hingga layanan booking service secara online ini  penjualannya terus meningkat hingga penghujung tahun 2023. 

Pertumbuhan positif ini  meningkat  46% untuk penjualan spare parts sepeda motor dan mobil jika dibandingkan dengan Oktober 2023,  peningkatan sebanyak 79% year on year (yoy).

Pertumbuhan penjualan ini diyakini berkat kelengkapan layanan yang ditawarkan pada aplikasi MySuzuki sehingga kemudahan transaksi dan kepastian kedatangan spare parts pesanan pelanggan yang dapat dilacak sekaligus dalam satu aplikasi pintar.

Christiana Yuwantie, Spare Parts Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan Suzuki berusaha menjawab kebutuhan pelanggan dan mengikuti arus perkembangan teknologi melalui kehadiran aplikasi MySuzuki, sehingga pelanggan semakin terbantu terutama dalam hal pembelian spare parts dan kemudahan layanan booking service rutin di diler terdekat.

Christiana menambahkan, pada era digital ini, Suzuki  melihat bahwa perilaku masyarakat mulai berubah ke arah pemanfaatan teknologi informasi yang menjangkau hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat. Menyadari perubahan ini, Suzuki beradaptasi dengan menghadirkan MySuzuki yang saat ini telah menjadi pilihan utama pelanggan dalam mengakses berbagai layanan yang kami tawarkan. “Tidak hanya menawarkan kenyamanan dan kemudahan, teknologi digital juga memproses permohonan pembelian spare parts atau service secara cepat kepada jaringan dealer Suzuki terdekat yang akan siap melayani kebutuhan pelanggan,” tuturnya. 

Penjualan spare parts motor melalui MySuzuki di bulan November 2023 meningkat 18%  dan 68% untuk mobil.  Jika dibandingkan dengan November 2022 lalu, penjualan parts motor melalui MySuzuki  November 2023 meningkat  30% dan 28% untuk parts mobil. 

Peningkatan penjualan tersebut kebanyakan  penjualan spare parts melalui MySuzuki diluar Jabodetabek.  Untuk sepeda motor, misalnya, pemesanan spare parts tertinggi dikuasai oleh wilayah Jawa Barat, disusul oleh Jawa Timur, DKI Jakarta, hingga Banten. 

Sedangkan untuk mobil, pemesanan spare parts didominasi oleh wilayah Nusa Tenggara Barat, Jawa Barat, dan disusul oleh Jawa Timur hingga Kalimantan Selatan.

Distribusi yang merata hingga ke luar Jabodetabek dan luar pulau Jawa dapat direalisasikan berkat dukungan jaringan dealer resmi Suzuki yang tersebar di seluruh Indonesia.  Terhitung hingga kini, jaringan distribusi dan pelayanan spare parts di MySuzuki didukung oleh 47 diler mobil, 17 diler motor, dan 4 diler Outboard-Motor (OBM).

Begitu juga dengan aplikasi digital MySuzuki yang telah mengalami perubahan dan penambahan layanan dan jaringan distribusi hingga dapat menjangkau pelanggan setianya yang berada di seluruh wilayah Indonesia. 

Data akumulasi yang dikumpulkan melalui data pemesanan MySuzuki sejak pertama kali diluncurkan menunjukkan bahwa pemesanan spare parts terbanyak masih didominasi oleh sepeda motor dengan kontribusi sebesar 59,79%, sedangkan untuk mobil sebesar 40,12%.

Layanan penjualan spare parts sepeda motor mulai dilayani sejak tahun 2018 dan mobil pada tahun 2020. Telah menjangkau seluruh wilayah di Indonesia, Suzuki menambah rasa nyaman dan aman kepada pelanggan melalui jaminan 1 harga. 

MySuzuki telah bekerjasama dengan sistem pembayaran digital dan layanan pengiriman barang terpercaya.  Bagi pelanggan yang ingin menggunakan aplikasi MySuzuki, dapat mengunduh langsung dari Play Store bagi pengguna Android atau App Store bagi pengguna iPhone.  “Melalui pencapaian ini, kami sangat berterima kasih kepada seluruh pelanggan setia yang telah mempercayakan pembelian spare parts, aksesoris hingga booking service secara online melalui aplikasi MySuzuki,” tutup Christiana.

  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts