MV Agusta dikenal sebagai pembuat motor cepat di trek aspal. Namun baru-baru ini produsen motor asal Italia tersebut meluncurkan motor khusus petualang LXP Orioli. Dua tahun setelah MV Agusta mengungkap konsep motor Lucky Explore 9,5 mereka, merek asal Italia tersebut akhirnya meluncurkan motor petualangan pertama mereka dalam bentuk finalnya di EICMA 2023 beberapa waktu lalu. Motor tersebut bernama LXP Orioli sebagai penghormatan kepada legenda balap Italia, Edi Orioli.
LXP Orioli diklaim sebagai motor segala medan yang mewah pertama kali di dunia. Motor ini hanya akan diproduksi dalam jumlah terbatas, sekitar hanya 500 unit saja. Selain diberi nomor, setiap sepeda motor yang diproduksi akan ditandatangani langsung oleh Edi Orioli.
LXP Orioli mengusung mesin tiga silinder 931cc dikembangkan dan diproduksi seluruhnya di Italia. Mesin ini berbobot hanya 126 lbs (57kg), dan diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 124 hp — lebih banyak dibandingkan 890 Adventure, Tiger 900, Africa Twin, dan DesertX. Torsinya mencapai 75,2 ft-lbs pada 3.000 rpm. Mesin ini ditempatkan pada struktur rangka utama balok ganda yang terdiri dari pipa baja sangat kuat, serta sub rangka bergaya teralis dudukan ganda yang dibaut.
Suspensi menggunakan Sachs yang dapat disetel sepenuhnya. Garpu USD dan monoshock link progresif menawarkan travel 8,27 in (210 mm), berkontribusi terhadap ground clearance sebesar 9,1 in (230 mm). Pelek dan ban tubeless dengan jari-jari 21”/18”. Rem depan dengan menggunakan cakram 320 mm kaliper Brembo Stylema di bagian depan dan rem belakang dengan cakram 265 mm kaliper piston ganda.
Elektronik LXP Orioli dilengkapi dengan platform inersia 6 sumbu canggih, yang berinteraksi dengan elektronik terpasang, terdiri dari unit kontrol manajemen mesin yang dilengkapi dengan mikroprosesor frekuensi tinggi. Full Ride by Wire didasarkan pada strategi manajemen torsi; peta yang tersedia adalah Urban, Touring, Off-Road, dan Custom All-Terrain.
Kontrol traksi, yang dapat dinonaktifkan, menawarkan 5 tingkat intervensi untuk penggunaan di jalan raya, 2 tingkat yang dikembangkan untuk penggunaan off-road, dan mode Hujan untuk menjamin keselamatan maksimum bahkan dalam kondisi berkendara yang buruk. Pengereman mesin memiliki dua tingkat, yang dapat disesuaikan secara independen sesuai dengan Mode Berkendara yang dipilih: tingkat 1 dengan pengereman mesin dikurangi, tingkat 2 dengan pengereman mesin penuh.
Cornering ABS, selain menawarkan keamanan yang baik saat menikung, juga memiliki fungsi RLM (Rear Wheel Lift-Up Mitigation), dan dapat dilepas seluruhnya atau hanya pada roda belakang. MV Agusta menyatakan bahwa sistem ABS juga telah dikembangkan secara khusus untuk bekerja dengan ban knobby dan road.
Seluruh fitur dapat dilihat pada layar monitor pada speedometer elektronik dengan layar TFT 7 inci yang dilengkapi dengan Bluetooth, konektivitas wifi. Aplikasi MV Ride, sangat memungkinkan pengendara bisa menghubungkannya dengan smart phone, mengatur navigasi, menyimpan rencana perjalanan dan data mengemudi, serta membaginya di komunitas dengan pengguna lain.
Selain itu, berkat MV RideApp, pengguna dapat mengatur LXP Orioli menggunakan ponsel cerdas mereka bahkan sebelum menyalakan mesin. Perangkat anti maling Mobisat dengan geolokasi terintegrasi juga merupakan bagian dari perlengkapan standar LXP Orioli.