Motor Penjelajah MV Agusta untuk Sang Legenda Balap, Edi Orioli

MV Agusta dikenal sebagai pembuat motor cepat di trek aspal.  Namun  baru-baru ini produsen motor asal Italia tersebut  meluncurkan motor khusus petualang  LXP Orioli. Dua tahun setelah MV Agusta mengungkap konsep  motor Lucky Explore 9,5  mereka, merek asal Italia tersebut akhirnya meluncurkan motor petualangan pertama mereka dalam bentuk finalnya di EICMA 2023 beberapa waktu lalu.  Motor tersebut bernama  LXP Orioli sebagai penghormatan kepada legenda balap Italia, Edi Orioli.

LXP Orioli diklaim sebagai motor segala medan  yang mewah pertama kali di dunia.   Motor ini hanya akan diproduksi dalam jumlah terbatas, sekitar  hanya 500 unit  saja. Selain diberi nomor, setiap sepeda motor yang diproduksi akan ditandatangani langsung oleh Edi Orioli.  

LXP Orioli mengusung  mesin tiga silinder 931cc  dikembangkan dan diproduksi seluruhnya di Italia.  Mesin ini  berbobot hanya 126 lbs (57kg), dan  diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 124 hp — lebih banyak dibandingkan 890 Adventure, Tiger 900, Africa Twin, dan DesertX.  Torsinya mencapai 75,2 ft-lbs pada 3.000 rpm. Mesin ini ditempatkan pada struktur rangka utama balok ganda yang terdiri dari pipa baja sangat kuat, serta sub rangka bergaya teralis dudukan ganda yang dibaut.

Suspensi menggunakan  Sachs yang dapat disetel sepenuhnya. Garpu USD dan monoshock link progresif menawarkan travel 8,27 in (210 mm), berkontribusi terhadap ground clearance sebesar 9,1 in (230 mm). Pelek dan ban  tubeless  dengan jari-jari 21”/18”. Rem  depan dengan menggunakan cakram 320 mm   kaliper Brembo Stylema di bagian depan dan rem belakang dengan cakram 265 mm kaliper piston ganda.

Elektronik LXP Orioli dilengkapi dengan platform inersia 6 sumbu canggih, yang berinteraksi dengan elektronik terpasang, terdiri dari unit kontrol manajemen mesin yang dilengkapi dengan mikroprosesor frekuensi tinggi. Full Ride by Wire didasarkan pada strategi manajemen torsi; peta yang tersedia adalah Urban, Touring, Off-Road, dan Custom All-Terrain.

Kontrol traksi, yang dapat dinonaktifkan, menawarkan 5 tingkat intervensi untuk penggunaan di jalan raya, 2 tingkat yang dikembangkan untuk penggunaan off-road, dan mode Hujan untuk menjamin keselamatan maksimum bahkan dalam kondisi berkendara yang buruk. Pengereman mesin memiliki dua tingkat, yang dapat disesuaikan secara independen sesuai dengan Mode Berkendara yang dipilih: tingkat 1 dengan pengereman mesin dikurangi, tingkat 2 dengan pengereman mesin penuh.

Cornering ABS, selain menawarkan keamanan yang baik saat menikung, juga memiliki fungsi RLM (Rear Wheel Lift-Up Mitigation), dan dapat dilepas seluruhnya atau hanya pada roda belakang. MV Agusta menyatakan bahwa sistem ABS juga telah dikembangkan secara khusus untuk bekerja dengan ban knobby dan road.

Seluruh fitur dapat dilihat pada layar monitor pada speedometer elektronik dengan layar  TFT 7 inci yang dilengkapi dengan Bluetooth, konektivitas wifi. Aplikasi MV Ride, sangat memungkinkan pengendara bisa  menghubungkannya dengan smart phone, mengatur navigasi, menyimpan rencana perjalanan dan data mengemudi, serta membaginya di komunitas dengan pengguna lain. 

Selain itu, berkat MV RideApp, pengguna dapat mengatur LXP Orioli menggunakan ponsel cerdas mereka bahkan sebelum menyalakan mesin. Perangkat anti maling Mobisat dengan geolokasi terintegrasi juga merupakan bagian dari perlengkapan standar LXP Orioli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts