Audi RS3 adalah mobil yang unik dan berbeda dari yang lain. Dengan tenaga 401 HP dan bobot sekitar 1.630 kg, mobil ini masih menggunakan mesin 5-silinder yang menjadi “unicorn” di dunia mesin internal combustion saat ini. Selain itu, RS3 dilengkapi ban depan yang lebih lebar dibanding belakang dan diferensial belakang berteknologi torque-splitting—fitur-fitur yang menjadi favorit para pecinta otomotif sejati.
Untuk model 2025, RS3 mengalami penyegaran ringan dengan penyempurnaan pada sasis dan diferensial aktifnya. Audi menyatakan bahwa perubahan ini membuat mobil lebih gesit dan responsif saat menikung, meskipun mesin tetap sama. Hebatnya, RS3 terbaru berhasil mencatatkan waktu 7 menit 33 detik di Nürburgring Nordschleife, 7 detik lebih cepat dari versi sebelumnya dan menjadi rekor baru di segmen mobil kompak.
Pengalaman mengemudi RS3 terasa sangat bervariasi tergantung pada mode berkendara yang dipilih. Mode Comfort atau Auto memberikan sensasi berkendara yang santai, sementara di mode Dynamic, deruman khas 5-silinder terdengar jelas, baik di dalam maupun di luar kabin, dan suspensi aktif mengeras untuk meningkatkan kestabilan.
Di jalur pegunungan Barcelona hingga sirkuit Parcmotor Castellolí, RS3 menampilkan kemampuan menikung yang luar biasa. Diferensial belakang mengalihkan tenaga ke roda luar saat menikung, dan rem belakang dalam bekerja halus untuk membantu putaran. Kombinasi ini mengurangi gejala understeer secara signifikan, memberikan pengalaman seperti mengendarai mobil rear-wheel-drive tetapi tetap stabil dengan all-wheel-drive.
Platform MQB Evo milik RS3 mungkin memiliki banyak kesamaan dengan VW Golf, namun Audi sukses memberikan sentuhan kemewahan pada model ini. Berbagai elemen seperti trim pintu dengan pencahayaan dan panel dasbor berlapis suede sintetis menambah nuansa premium di dalam kabin.
Kabin RS3 menawarkan ruang lapang untuk empat orang dewasa dengan kapasitas bagasi yang cukup besar, menjadikannya mobil kompak yang praktis dan nyaman. Kursi bucket karbon pada model Eropa juga memberikan dukungan sempurna meski sayangnya tidak tersedia untuk pasar AS.
Belum ada harga resmi Audi RS3 ini, Namun diperkirakan sedan facelift ini akan dibanderol di kisaran US$65.000. Dengan harga yang lebih rendah, Audi S3 dan VW Golf R menawarkan performa yang hampir setara, namun RS3 memiliki keistimewaan tersendiri dengan mesin 5-silinder yang karismatik. Dibandingkan dengan Acura Integra Type S, BMW M235i Gran Coupe, dan Mercedes CLA45, RS3 tetap unggul dalam hal performa dan daya tarik.
RS3 adalah mobil yang cocok untuk pemakaian harian, namun tetap mumpuni di lintasan balap atau jalan pegunungan pada akhir pekan. Kombinasi antara kenyamanan dan performa membuat RS3 layak dipertimbangkan bagi mereka yang mencari pengalaman berkendara kompak dengan karakter unik dan daya tarik tersendiri.