Kolaborasi DBS Indonesia & Moduit Permudah Akses Investasi Obligasi Pasar Sekunder Berbasis API

PT Bank DBS Indonesia (DBS Indonesia) resmi mengumumkan kerja sama strategis dengan PT Moduit Digital Indonesia (Moduit), platform teknologi finansial yang fokus pada layanan Private Wealth Management digital. Kolaborasi ini merupakan yang pertama di Indonesia antara bank dan wealth tech company melalui integrasi Application Programming Interface (API), yang memungkinkan pengguna Moduit untuk berinvestasi di lebih dari 100 pilihan Obligasi Pasar Sekunder yang disediakan DBS Indonesia langsung dari aplikasi Moduit.

Dalam peluncuran kerja sama ini, hadir sejumlah perwakilan dari kedua perusahaan, termasuk Bram Ismail, Head of CBG Digital, Ecosystem & Partnership PT Bank DBS Indonesia; Djoko Soelistyo, Head of Investment and Insurance Product PT Bank DBS Indonesia; Stefanus Adi Utomo, Chief Business Officer PT Moduit Digital Indonesia; dan Edina Saputra, Chief of Development PT Moduit Digital Indonesia.

Melfrida Gultom, Consumer Banking Director PT Bank DBS Indonesia, mengatakan bahwa kemitraan ini membuka lebih banyak peluang bagi masyarakat untuk mengembangkan kekayaan mereka melalui solusi investasi digital yang aman dan terpercaya. “Kerja sama ini tidak hanya memperluas akses nasabah Moduit ke obligasi pasar sekunder, tetapi juga merupakan langkah penting untuk mempercepat inklusi finansial di Indonesia,” kata Melfrida. Kemitraan ini sejalan dengan komitmen DBS Indonesia dalam mendukung kesejahteraan finansial yang merata atau wealth democratization.

Menurut riset YouGov yang dilakukan untuk DBS Indonesia pada 2023, sebanyak 27% masyarakat segmen ritel telah memilih investasi sebagai cara untuk mengelola aset mereka. Selain itu, 41% dari mereka sudah menggunakan aplikasi online untuk layanan finansial, menunjukkan bahwa integrasi teknologi dengan investasi menjadi kebutuhan penting.

Obligasi pasar sekunder kini semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Faktor utama yang menarik minat ini adalah imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan tabungan atau deposito, stabilitas harga, dan pembayaran bunga tetap yang dapat diprediksi. Data dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat jumlah investor obligasi telah mencapai lebih dari satu juta dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 21,4% dari 2020-2023.

Dengan kerja sama ini, DBS Indonesia menawarkan kemudahan investasi obligasi secara digital, termasuk fleksibilitas dalam pembelian dan penjualan obligasi yang dapat dilakukan kapan saja melalui aplikasi digibank by DBS. Djoko Soelistyo, Head of Investment and Insurance Product PT Bank DBS Indonesia, menambahkan, “Kami menargetkan hingga 5.000 transaksi dengan aset mencapai Rp500 miliar pada tahun pertama kerja sama ini.”

Moduit, yang didirikan pada 2018, telah mendukung puluhan ribu klien dalam mencapai tujuan finansial mereka melalui produk investasi yang terkurasi, mulai dari reksa dana, saham, hingga obligasi. Dengan lebih dari 200 Wealth Advisor Partner berlisensi OJK, Moduit berkomitmen untuk menghadirkan solusi wealth management digital yang mudah diakses dan tepercaya.

Edina Saputra, Chief of Development PT Moduit Digital Indonesia, mengemukakan, “Kolaborasi ini memungkinkan kami menawarkan solusi investasi yang lebih komprehensif kepada nasabah dengan dukungan Bank DBS Indonesia, salah satu bank terbaik di dunia.” Mulai Oktober 2024, nasabah Moduit dapat mengakses obligasi pasar sekunder dari DBS Indonesia melalui aplikasi Moduit.

Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan, tidak hanya bagi nasabah, tetapi juga bagi perkembangan inklusi finansial di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts