Toyota Investasikan US$500 juta di Perusahaan Taksi Udara Listrik Joby Aviation

Toyota Motor Corporation memperkuat komitmennya terhadap inovasi transportasi udara dengan menginvestasikan $500 juta di Joby Aviation, perusahaan taksi udara listrik yang berbasis di Bay Area, California. Investasi ini bertujuan mendukung upaya Joby dalam mendapatkan sertifikasi dan mengembangkan kendaraan taksi udara listrik untuk layanan penumpang komersial.

Kepastian investasi tersebut setalah dilakukannya MOU antara Tetsuo “Ted” Ogawa, Chief Operating Officer Toyota Motor Corporation, dan JoeBen Bevirt, pendiri sekaligus CEO Joby Aviation, dalam sebuah acara resmi di markas regional Toyota di Plano, Texas. Investasi terbaru ini menambah total investasi Toyota di Joby menjadi $894 juta, setelah sebelumnya menyuntikkan dana sebesar $394 juta pada tahun 2020.

“Investasi hari ini merupakan kelanjutan dari hampir tujuh tahun kolaborasi antara perusahaan kami,” ujar JoeBen Bevirt. “Pengetahuan dan dukungan dari Toyota sangat berperan dalam kesuksesan Joby, dan kami menantikan hubungan yang semakin erat saat kami mewujudkan visi bersama untuk masa depan transportasi udara,” katanya seperti dikutip San Fransisco Chronicle

Investasi ini akan dilakukan dalam dua tahap, masing-masing tergantung pada persetujuan regulasi dan syarat-syarat yang disepakati kedua belah pihak. Tahap pertama diharapkan selesai akhir tahun ini, sementara tahap kedua dijadwalkan untuk 2025.

Joby Aviation baru saja menyelesaikan pesawat ketiga di jalur produksi pilot mereka di Marina, Monterey County. Perusahaan juga telah memulai pembangunan fasilitas yang lebih besar di California untuk memperluas kapasitas produksinya. Pada bulan Agustus, Joby melaporkan telah menyelesaikan lebih dari sepertiga dari tahap keempat dari lima tahap yang diperlukan untuk sertifikasi tipe pesawat mereka.

Sejak 2019, keterlibatan Toyota dengan Joby tidak hanya berupa dukungan modal, tetapi juga kontribusi keahlian melalui Toyota Production System, yang membantu perencanaan proses, manufaktur, dan desain Joby. Insinyur Toyota berkolaborasi langsung dengan tim Joby di California, dan pada tahun 2023, Toyota menandatangani kesepakatan jangka panjang untuk memasok komponen penting sistem penggerak dan aktuasi bagi produksi pesawat Joby.

“Kami sangat antusias melihat Joby menyelesaikan sertifikasi pesawat mereka dan beralih ke produksi komersial,” ujar Tetsuo “Ted” Ogawa. “Kami berbagi pandangan dengan Joby bahwa penerbangan berkelanjutan akan menjadi kunci dalam mengatasi tantangan mobilitas yang terus berlanjut di masa kini.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts