Jack Daniel’s Luncurkan Single Barrel Special Release Coy Hill Barrelhouse 8

Jack Daniel’s kembali memanjakan para pencinta whiskey khususnya di Amerika Serikat. Brand minuman keras tersebut meluncurkan produk terbaru mereka, Single Barrel Special Release Coy Hill Barrelhouse 8. Wiski Tennessee ini hadir dengan kadar alkohol yang sangat tinggi, berkisar antara 122 hingga 137,5 proof, tergantung pada botol yang didapatkan. Meski panas yang dihasilkan dari kadar alkohol tinggi ini terasa menyengat, justru hal itu menambah kedalaman dan kelezatan rasa.

Dirilis pertama kali pada tahun 2021, seri Coy Hill ini diambil dari barrelhouse yang terletak di titik tertinggi di lokasi distileri legendaris Jack Daniel’s di Lynchburg, Tennessee. Di puncak rickhouse ini, kelembaban yang menyengat selama bulan-bulan musim panas yang panjang mempercepat proses pematangan wiski, memberikan aroma kayu bakar yang khas pada minuman ini.

Coy Hill Barrelhouse 8 edisi 2024 menawarkan karakteristik klasik Jack Daniel’s dengan rasa karamel, vanila, dan bananas foster yang diperkuat. Selain itu, terdapat nuansa berry compote, butterscotch, dan gula yang terbakar, dengan sentuhan manis yang berkurang di akhir rasa. Rasa rempah panggang dan cengkeh yang kuat menambah kompleksitas di bagian akhir, menyisakan sensasi yang mendalam di lidah.

Menariknya, wiski ini berasal dari distilat yang sama dengan Jack Daniel’s Old No. 7 Tennessee Whiskey. Master distiller Jack Daniel’s, Chris Fletcher, menjelaskan: “Coy Hill Barrelhouse 8 menggunakan resep yang sama dengan Old No. 7 Tennessee Whiskey, tetapi elemen unik seperti waktu dan alam telah menciptakan wiski dengan berbagai rasa dan kadar alkohol yang luar biasa, yang mustahil untuk ditiru,” jelasnya seperti dikutip mensjuournal.com

Perbedaan suhu yang drastis di Coy Hill ini membuat kadar alkohol dalam barrel meningkat. Di iklim yang lebih dingin, seperti di Skotlandia, kadar alkohol dalam wiski biasanya menurun selama proses pematangan. Namun, panas dan kelembaban di musim panas Amerika Serikat bagian tenggara menyebabkan penguapan cairan yang lebih banyak terdiri dari air, bukan alkohol, yang dikenal sebagai “angels’ share.”

Peluncuran terbaru Coy Hill Barrelhouse 8 ini dijual seharga US$80 per botol 375ml. Namun, mengingat rilisan sebelumnya pada tahun 2022 dengan kadar alkohol tertinggi dalam sejarah Jack Daniel’s (155,1 proof) kini dijual hingga $2.300 di pasar sekunder, wiski ini diprediksi akan laris manis. Segera kunjungi toko minuman lokal–kalau ada di Indonesia– sebelum stoknya habis!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts