Astra Dukung Masa Depan Keuangan Berkelanjutan

Dalam perjalanan transisi menuju bisnis yang berkelanjutan pada tahun 2030 dan seterusnya, Astra berupaya memiliki kinerja keuangan yang baik, model bisnis yang solid dan tangguh serta berkomitmen terhadap masa depan keuangan berkelanjutan, yang salah satunya diwujudkan melalui penyelarasan operasi keuangan perusahaan dengan mempertimbangkan aspek lingkungan dan sosial.

Untuk mendukung upaya tersebut, Astra telah menyalurkan sumber daya keuangan ke proyek-proyek ramah lingkungan dan secara aktif terlibat dalam upaya penanaman pohon yang ditargetkan sebanyak 3 juta pohon ditanam secara bertahap hingga tahun 2030 mendatang.

“Astra menyadari bahwa setiap usaha untuk menjaga lingkungan adalah hal yang sangat berarti dan memberikan manfaat. Karena itulah Astra senantiasa mendorong seluruh insan Astra untuk terlibat dan mendukung inisiatif lingkungan kami, baik partisipasi dalam kegiatan penanaman pohon atau melalui langkah kecil sehari-hari demi terus mendukung keberlanjutan dan mendorong perubahan positif untuk bumi yang lebih hijau,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Sepanjang tahun 2023, Astra telah menanam 774.425 pohon dan 15.772 tanaman buah langka. Upaya ini bukti nyata komitmen Astra mendukung pembangunan berkelanjutan dan mengurangi dampak perubahan iklim.

Astra juga memahami bahwa perkembangan ekonomi Indonesia akan menuju kepada pembangunan berbasis rendah karbon, yang ditandai dengan adopsi kebijakan nasional secara bertahap mengurangi penggunaan batu bara, serta komitmen dalam penurunan emisi gas rumah kaca secara nasional untuk jangka menengah dan panjang.

Grup Astra terus berupaya mencapai komitmen menurunkan emisi gas rumah kaca scope 1 dan 2 sebesar 30% melalui berbagai inisiatif program dan inventarisasi emisi.

Berbagai upaya untuk mengurangi jejak karbon dari kegiatan usaha Grup Astra terus ditingkatkan, seperti efisiensi bahan bakar dan energi, penggunaan sumber energi baru terbarukan, hingga menerapkan nature-based solution. Pada tahun 2023, Grup Astra telah menurunkan emisi GRK scope 1 dan 2 sebesar 13,96%.

Dedikasi Astra terhadap keuangan berkelanjutan tercermin dalam berbagai inisiatif lainnya seperti meluncurkan Astra Sustainable Forest seluas 1.155 hektare yang tersebar di beberapa daerah, seperti di Jawa Barat, Sumatra Utara, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

Melalui inisiatif ini, Astra bertujuan untuk berperan aktif dalam mendorong penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dan mendaftarkan inisiatif ini ke Sistem Registri Nasional (SRN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Komitmen Astra terhadap aspek keuangan berkelanjutan dengan mempertimbangkan tanggung jawab lingkungan dan sosial untuk memastikan masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts