ALVA Gandeng Google Cloud untuk Mendukung Transisi Mobilitas Hijau

ALVA, produsen kendaraan listrik roda dua terkemuka di Indonesia berkolaborasi dengan Google Cloud. Kemitraan ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan serta memperkuat loyalitas dan permintaan terhadap kendaraan listrik (EV) ALVA serta mendukung visi transisi menuju mobilitas hijau di Indonesia.

Dalam kolaborasi ini, ALVA memilih Google Cloud sebagai penyedia layanan cloud utamanya, memanfaatkan infrastruktur AI terbaik di kelasnya serta teknologi cloud data untuk mendorong inovasi pada empat pilar utama. Pilar-pilar tersebut mencakup penguatan penelitian dan pengembangan (R&D), peningkatan layanan pelanggan dengan wawasan yang dipersonalisasi, peningkatan produktivitas staf penjualan, dan pengoptimalan pemasaran melalui konten lokal yang relevan.

Mendorong Inovasi Berbasis Data

Purbaja Pantja, CEO ALVA, mengemukakan, “Elektrifikasi mengubah lanskap mobilitas, dan target kami adalah menjadikan satu dari setiap tiga kendaraan roda dua listrik di Indonesia sebagai ALVA dalam tiga hingga lima tahun ke depan. Teknologi data cloud dan AI dari Google Cloud sangat penting dalam memberikan insights berbasis data yang memandu R&D dan meningkatkan pengalaman pelanggan, mempercepat adopsi kendaraan listrik.”

Sebagai bagian dari inisiatif ini, ALVA memanfaatkan BigQuery, platform data terintegrasi dari Google Cloud, untuk menyatukan data dari seluruh sistem internalnya, seperti ERP, CRM, serta sensor IoT pada kendaraan. Integrasi ini memungkinkan ALVA untuk mendapatkan visibilitas penuh dari berbagai sumber data dan memanfaatkan AI untuk memberikan wawasan yang mendukung inovasi, khususnya dalam mengatasi kecemasan pengguna terkait pengisian daya kendaraan.

Meningkatkan Layanan Pelanggan dan Pemasaran

Melalui platform AI Google Cloud, ALVA mengintegrasikan model AI untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih personal. Sistem AI ini mampu menghasilkan ringkasan otomatis yang mencakup informasi berkendara, seperti kecepatan, akselerasi, dan kesehatan baterai, sehingga membantu tim customer service memberikan respon yang lebih tepat dan kontekstual.

ALVA juga memanfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan efektivitas pemasaran. Dengan memanfaatkan analisis AI terhadap data pelanggan, tim pemasaran dapat menyesuaikan pesan dan strategi kampanye mereka untuk berbagai segmen pasar, menghasilkan lebih banyak prospek dan kesadaran merek.

Mendukung Transisi Mobilitas Hijau

Kolaborasi antara ALVA dan Google Cloud tidak hanya bertujuan meningkatkan pengalaman pelanggan, tetapi juga berkontribusi pada transisi Indonesia menuju kendaraan listrik. Fanly Tanto, Country Director Google Cloud Indonesia, menyatakan, “Kami sangat bangga dapat mendukung ALVA dalam memajukan mobilitas hijau di Indonesia. Melalui analisis data dan AI terdepan, ALVA dapat terus berinovasi dan memenuhi kebutuhan pelanggan yang berkembang, sejalan dengan upaya nasional untuk mengurangi emisi karbon.”

ALVA optimistis dapat memimpin pasar kendaraan listrik roda dua di Indonesia, mempercepat adopsi EV, dan memberikan kontribusi signifikan terhadap target nasional dalam pengurangan emisi karbon.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts