BYD E-Vali Hadir Menyapa Pengunjung Pameran di Jerman

BYD resmi meluncurkan BYD E-Vali, kendaraan komersial ringan (LCV) listrik murni, di ajang IAA Transportation 2024 di Hannover, Jerman. Kendaraan ini dirancang khusus untuk pasar Eropa, dengan fokus pada pengiriman jarak dekat dan paket. Selain memperkenalkan E-Vali, BYD juga memamerkan keluarga truk listriknya serta traktor halaman listrik EYT 2.0 untuk pertama kalinya.

Debut BYD E-Vali ini merupakan LCV listrik 3,5 ton/4,25 ton yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan logistik jarak dekat di Eropa. Model terbaru ini menggunakan Baterai Blade dari BYD dan dilengkapi dengan fitur mobil pintar. E-Vali menawarkan solusi yang praktis dan perawatan rendah untuk armada komersial di Eropa.

BYD E-Vali dilengkapi dengan sistem bantuan pengemudi canggih (ADAS) yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara. Fitur standar meliputi Adaptive Cruise Control, Peringatan Tabrakan Depan, Pengereman Darurat Otomatis, Deteksi Blind Spot, dan Hill Hold Control. Di dalam kabin, kendaraan komersial ini mendukung over-the-air (OTA) Apple Carplay dan Android Auto. Dasbornya dilengkapi dengan berbagai fitur seperti pengisian daya nirkabel dan kontrol suara.

BYD E-Vali memiliki kapasitas volume kargo yang besar hingga 17,9 meter kubik, dengan model 4,25 ton mampu membawa beban hingga 1.450 kg. Kendaraan ini dilengkapi dengan pintu belakang yang terbuka lebar, kursi lipat untuk memaksimalkan ruang, serta tinggi kabin yang memungkinkan pengemudi berdiri tegak di dalamnya. Model 3,5 ton memiliki dimensi 5995/2096/2780 mm dengan jarak sumbu roda 3865 mm. Sedangkan model 4,25 ton memiliki dimensi 6995/2096/2780 mm dengan jarak sumbu roda 4550 mm.

BYD E-Vali menawarkan jangkauan 220-250 km (WLTP) yang didukung oleh baterai BYD Blade berkapasitas 80,64 kWh. Baterai ini dikenal akan keamanan dan daya tahannya, serta efisiensi energi dan kepadatan daya yang tinggi. Baterai dapat diisi ulang cepat dari 10% hingga 80% hanya dalam 30 menit.

Pameran IAA Transportation yang diadakan setiap dua tahun di Hannover, dimulai pada tahun 1897, merupakan pameran kendaraan komersial terbesar dan paling berpengaruh di dunia. Selain E-Vali, BYD juga mengumumkan traktor halaman listrik EYT 2.0 untuk pasar Eropa, yang dirancang untuk skenario logistik dan transportasi seperti pelabuhan dan dermaga.

Traktor EYT 2.0 ini memiliki desain kabin yang offset, kokoh, fleksibel, dan mampu menampung beban hingga 75 ton, dengan mudah menangani kontainer dan trailer besar. Traktor ini juga dilengkapi dengan Baterai Blade BYD yang menawarkan waktu kerja maksimum hingga 16 jam.

Model truk listrik BYD, ETM6 dan ETH8, juga ditampilkan dalam pameran ini. ETM6, truk medium 7,5 ton, dirancang untuk logistik perkotaan, sedangkan ETH8, truk berat 19 ton, ditujukan untuk kebersihan dan logistik perkotaan. Kedua model ini dibangun di atas platform truk listrik khusus BYD, dengan jangkauan beban penuh masing-masing 200 km dan 250 km.

Hingga akhir Juni 2024, divisi kendaraan komersial BYD telah menjual lebih dari 110.000 unit secara global, termasuk 30.000 truk energi baru dan kendaraan khusus. BYD terus memperluas ekspansi ekspor agresif di sektor kendaraan komersial.

Sumber: BYD WeChat, ITHome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts