Berkendara Aman dengan Fitur High Beam Assist di Hyundai Santa Fe

Pernahkah mengalami situasi ketika lampu jauh mobil Anda justru mengganggu pengendara lain di jalan yang gelap? Biasanya, penggunaan lampu jauh (high beam) dapat mengganggu pengendara lain karena sorotan cahayanya yang menyilaukan, terutama bagi kendaraan yang datang dari arah berlawanan.

Pengemudi disarankan untuk mematikan lampu jauh saat kondisi jalanan ramai atau ketika ada kendaraan lain di sekitar. Hyundai Gowa menginformasikan salah satu solusi cerdas dari Hyundai dengan fitur High Beam Assist. Fitur ini dirancang untuk membantu pengemudi dalam kondisi jalanan gelap total.

Teknologi ini dapat ditemukan pada Hyundai SANTA FE. Menggunakan sensor canggih, High Beam Assist akan bekerja otomatis menyesuaikan kisaran jangkauan head lamp (beralih antara lampu jauh dan lampu dekat) tergantung pada kecerahan kendaraan yang terdeteksi dan kondisi jalan tertentu.

Fitur ini mengandalkan kamera depan yang digunakan sebagai sensor pendeteksi untuk mendeteksi cahaya dan kecerahan di sekitar kendaraan saat mengemudi.

Berikut langkah-langkah mengaktifkan High Beam Assist di Hyundai SANTA FE :

1.Mengaktifkan dari Sistem Infotainment:
Setelah menyalakan mesin, pilih “Settings” kemudian pilih “high beam assist” (HBA). Ini adalah langkah awal untuk menggunakan fitur canggih ini.

2.Posisikan Switch Lampu pada Mode AUTO: Setelah HBA dipilih, letakkan switch lampu depan pada posisi “AUTO”. Langkah ini memastikan bahwa sistem dapat bekerja otomatis sesuai kondisi jalan.

3.Dorong Tuas Lampu Jauh: Jika tuas headlamp ditarik ke arah pengemudi saat lampu jauh mati, lampu jauh akan menyala tanpa menonaktifkan High Beam Assist. Saat pengemudi melepaskan tuas headlamp, tuas akan bergerak ke tengah dan lampu jauh akan mati.

Lampu jauh akan secara otomatis meredup atau berganti ke lampu rendah (low beam) saat terdeteksi ada kendaraan dari arah berlawanan atau lampu belakang kendaraan di depan. Dengan begitu, pengemudi tetap dapat melihat jalan dengan jelas saat kondisi sepi, tanpa khawatir mengganggu pengendara lain saat ada kendaraan lain melintas.

Saat fitur High Beam Assist aktif, lampu jauh hanya akan menyala jika kecepatan kendaraan di atas 40 km/jam (25 mph).

Pada kecepatan kendaraan di bawah 25 km/jam (15 mph), lampu jauh tidak akan menyala. Di keadaan tertentu, lampu jauh akan beralih ke lampu dekat jika salah satu kondisi berikut terjadi, yaitu ketika terdeteksi headlamp kendaraan yang melaju atau lampu belakang kendaraan di depan, ketika terdeteksi headlamp atau lampu belakang sepeda motor atau sepeda, serta ketika cahaya di sekitar kendaraan cukup terang atau terdapat lampu jalan sehingga tidak diperlukan lampu jauh.

Ketika High Beam Assist tidak berfungsi dengan benar, pesan peringatan “Check High Beam Assist (HBA)” atau “Check HBA system” akan ditampilkan dan lampu peringatan akan menyala pada cluster. Jika lampu peringatan menyala, direkomendasikan agar sistem diperiksa oleh bengkel resmi Hyundai Gowa.

“Jangan ragu untuk mengunjungi bengkel resmi Hyundai Gowa terdekat. Mekanik di Hyundai Gowa telah dilatih secara profesional untuk menangani berbagai kebutuhan kendaraan Anda. Dengan keahlian yang terpercaya, kami dapat memastikan kendaraan Anda berada di tangan yang tepat dan mendapat layanan terbaik.” ucap Ferry, Chief Operating Officer PT Gowa Modern Motor (Hyundai Gowa).

Sesuai slogannya “Your First Choice”, Hyundai Gowa sebagai diler Hyundai dengan jaringan terbesar di Indonesia, selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara.

Silahkan datang ke bengkel resmi Hyundai Gowa untuk layanan servis dengan teknisi bersertifikasi Hyundai. Jika pelanggan ingin mencoba langsung berbagai fitur canggih yang ditawarkan Hyundai SANTA FE dan tipe lainnya, jangan ragu untuk mengunjungi diler resmi Hyundai Gowa terdekat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts