Chery iCar V23 Siap Hadir di Pasar SUV Listrik Off-road

SUV listrik off-road Chery iCar V23 siap meluncur. Hal ini telah diumumkan oleh MIIT Tiongkok, dimana mobil ini tersedia dalam dua varian yaitu single-motor penggerak roda belakang (RWD) dan dual-motor penggerak semua roda (AWD). SUV terbaru dari Chery ini dikembangkan bersama oleh Chery dan Su Jun, pendiri Zhimi Technology, sebagai model pertama dari seri V iCar yang berfokus pada pasar kendaraan off-road. Diharapkan, iCar V23 akan diluncurkan secara resmi akhir tahun ini dengan harga mulai dari 119.800 yuan (sekitar Rp250 juta) di Tiongkok.

Sebelumnya, Car News China melaporkan bahwa Xiaomi terlibat dalam pengembangan iCar V23 karena Zhimi Technology merupakan anak perusahaan Xiaomi. Namun, Xiaomi menegaskan bahwa kerja sama ini tidak terkait dengan mereka ataupun rantai ekosistem Xiaomi. Kemitraan ini murni antara Su Jun dan Chery. Pada 2021, Su Jun memulai proyek pengembangan kendaraan, dan pada 2023, ia bekerja sama dengan Chery untuk mengembangkan brand iCar.

Secara keseluruhan, iCar V23 mengadopsi desain kotak yang khas pada SUV off-road, dilengkapi dengan lampu depan bulat, bemper tebal, kap mesin tinggi, roda dengan lengkungan yang lebar, dan side steps. Bagasi eksternal klasik di bagian belakang juga hadir sebagai tambahan ruang penyimpanan, yang terhubung ke interior kendaraan namun tidak dapat dibuka dari luar.

iCar V23 memiliki dimensi panjang, lebar, dan tinggi masing-masing 4220/1915/1845 mm, dengan jarak sumbu roda 2735 mm. Sebagai SUV off-road, varian RWD dan AWD memiliki sudut pendekatan 39/41°, sudut keberangkatan 35°, serta berat kosong 1710/1825 kg, dengan roda berukuran 19/21 inci.

Varian RWD menawarkan kamera opsional di kiri dan kanan, kamera bemper depan, radar depan dan belakang, serta pilihan warna untuk bagian depan dan kotak eksternal belakang. Sementara itu, varian AWD menyediakan pilihan desain roda, warna bagian depan, dan kamera serta radar di sekeliling kendaraan.

RWD menggunakan motor listrik 100 kW (134 hp) dengan baterai lithium ternary, sementara AWD menambahkan motor listrik depan 55 kW (74 hp) dengan baterai lithium iron phosphate. Kedua varian memiliki kecepatan maksimal 140 km/jam. Jarak tempuh iCar V23 diperkirakan lebih dari 400 km untuk RWD dan lebih dari 500 km untuk AWD, meskipun detail teknis resminya belum diumumkan.

Di dalam kabin, iCar V23 menampilkan desain dengan elemen bulat dan persegi yang dihiasi dengan sentuhan warna kuning. Di bawah layar kontrol utama terdapat outlet AC dan tombol pengatur, dengan tata letak dasbor yang berlapis.

Sumber: MIIT Tiongkok, Sohu, iCar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts