Geotab, Kia, dan 42dot Bersatu Mendorong Revolusi Manajemen Fleet Global

Kia Corporation, Geotab Inc., dan 42dot resmi menjalin kemitraan global yang bertujuan mengembangkan solusi manajemen armada (Fleet Management System/FMS) masa depan yang lebih aman, berkelanjutan, dan efisien. Ketiga perusahaan ini telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk mengintegrasikan teknologi kendaraan terkoneksi dengan solusi data canggih yang mendukung operasional armada di seluruh dunia.

Kemitraan ini merupakan bagian dari strategi Kia dalam mengembangkan bisnis Purpose-Built Vehicle (PBV), di mana solusi perangkat lunak dan FMS akan menjadi faktor pembeda utama. Geotab dan 42dot, yang merupakan pusat perangkat lunak global dari Hyundai Motor Group, akan berkolaborasi untuk menciptakan FMS berbasis kecerdasan buatan (AI) guna memaksimalkan penggunaan data yang lebih mendalam bagi pelanggan mobil Kia.

Louis De Jong, Chief Revenue Officer Geotab, mengatakan, “Dengan mengintegrasikan kemampuan data dan AI dari Geotab dengan teknologi otomotif Kia serta keahlian data dari 42dot, pelanggan akan mendapatkan nilai tambah operasional yang signifikan, termasuk akses ke data berkualitas yang mendukung manajemen biaya, keselamatan, dan keberlanjutan yang lebih baik. Kolaborasi ini mendorong industri mobilitas terkoneksi ke arah yang lebih maju, memastikan armada siap menghadapi tantangan masa kini dan peluang di masa depan.”

Kerja sama ini juga mencakup pengembangan aplikasi dalam kendaraan yang mengintegrasikan platform MyGeotab dengan toko aplikasi PBV In-Vehicle Display dari Kia. Inovasi ini akan meningkatkan operasional armada melalui optimasi rute serta meningkatkan aspek keselamatan.

Sangdae Kim, Senior Vice President dan Head of PBV Business Division di Kia Corporation, menekankan pentingnya kerja sama ini dalam pengembangan strategis bisnis PBV Kia. “Dengan kemitraan ini, Kia akan menyediakan solusi manajemen armada terbaik di kelasnya, yang tidak hanya mengoptimalkan operasional armada tetapi juga menjadi landasan bagi kemampuan perangkat lunak PBV. Ketika kami meluncurkan PBV pertama tahun depan, Kia akan menyediakan solusi mobilitas menyeluruh, termasuk kendaraan siap koneksi dan solusi FMS untuk efisiensi operasional dan keselamatan yang lebih besar.”

Sangseok Lim, kepala Divisi AEV Platform Engineering di 42dot, menambahkan bahwa dengan menggabungkan platform data kendaraan 42dot dan teknologi keselamatan armada berbasis AI, mereka sedang menciptakan FMS canggih yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan operator armada masa kini dan masa depan.

Kolaborasi ini juga akan memungkinkan Kia memanfaatkan data kendaraan tanpa perangkat tambahan melalui kerja sama OEM-Geotab Cloud-to-Cloud. Eropa akan menjadi kawasan pertama yang merasakan manfaat dari kolaborasi ini, dengan peluncuran platform FMS bersama saat model PBV pertama Kia, PV5 dan PV7, dirilis tahun depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts