Karin Rådström Resmi Menjadi CEO Wanita Pertama di Daimler Truck

Karin Rådström akan menggantikan Martin Daum sebagai CEO Daimler Truck mulai Oktober mendatang. Dia menjadi wanita pertama yang memimpin perusahaan tersebut. Rådström yang saat ini menjabat sebagai BOD Daimler Truck dan CEO Mercedes-Benz Trucks, diharapkan akan membawa perubahan signifikan bagi perusahaan dan industri otomotif secara keseluruhan.

Sebagai bagian dari proses pergantian kepemimpinan, CEO yang akan segera mengundurkan diri, Martin Daum, akan tetap menjadi anggota penuh Dewan Direksi hingga akhir tahun ini. Rådström yang bergabung dengan Dewan Direksi Daimler Truck pada tahun 2021 dan menjabat sebagai CEO Mercedes-Benz Trucks, telah menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam meningkatkan profitabilitas Daimler Truck dan membantu transisi perusahaan menuju masa depan yang berfokus pada keberlanjutan termasuk peluncuran truk terbaru seperti eActros 600.

Rådström dikenal sebagai pendukung kuat pemimpin wanita dalam grup Daimler Truck, yang akan membantu perusahaan memperjuangkan kesetaraan gender. Saat ini, wanita menyumbang sekitar 30% dari Dewan Pengawas perusahaan, sementara di Dewan Direksi, angkanya sekitar 14%.

Masa jabatan baru Rådström sebagai CEO akan berlangsung hingga Januari 2029, sementara ia juga akan tetap memimpin Mercedes-Benz Trucks sampai manajemen menemukan pimpinan yang tepat. Pengunduran diri Martin Daum menandai akhir dari karirnya yang hampir 40 tahun di Daimler, yang dimulai pada tahun 1987.

Rådström mengatakan, “Daimler Truck memiliki sejarah yang hebat dalam kendaraan komersial dan saya semakin bersemangat tentang peran yang akan dimainkan perusahaan ke depan,” katanya seperti dikutip electricdrive.tv. “Ini adalah waktu yang unik untuk berada di industri kami dan memiliki kesempatan untuk mendekarbonisasi transportasi. Saya sangat menghormati tugas ini, tetapi pada saat yang sama, ini sangat memotivasi saya. Kami dapat membuat perbedaan untuk masa depan – dan kami akan melakukannya.”

Radstrom sangat mengapresiasi Martin Daum yang penuh dedikasi. Berkat kerja kerasnya telah menempatkan perusahaan dalam posisi yang sangat kuat. Martin adalah salah satu alasan Radstrom bergabung dengan Mercedes Trucks. “Martin telah dan akan terus menjadi panutan yang dapat diandalkan dan mendukung bagi saya.”

Joe Kaeser, Ketua Dewan Pengawas Daimler Truck, mengatakan bahwa manajemen sangat senang mendapatkan Karin Rådström sebagai CEO baru Daimler Truck Holding AG. Ia telah membuktikan kemampuannya dalam memajukan transformasi merek sambil menghadapi lingkungan eksternal yang menantang. “Sebagai pemimpin sejati, Karin Rådström telah memainkan peran penting dalam membangun budaya kinerja baru dan mempromosikan pemberdayaan, keberagaman, serta fokus pada pelanggan. Prinsip-prinsip ini sangat penting bagi Daimler Truck untuk berhasil dalam transformasi mobilitas dan menjadi pilihan utama pelanggan kami. Kami mengharapkan kesuksesan besar untuknya dan timnya, dan kami sangat menantikan untuk melanjutkan kolaborasi kami.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts