Toyota GR Yaris Edisi Khusus: Merayakan Kemenangan Corolla Rally dengan Gaya Retro

Toyota kembali memanjakan para penggemar otomotif di Eropa dengan meluncurkan edisi terbatas GR Yaris TGR Italy Limited Edition. Hot hatch kecil yang bertenaga ini hadir untuk merayakan 53 tahun sejak kemenangan pertama Toyota di ajang World Rally Championship (WRC), dengan desain yang terinspirasi dari Corolla 1600 Coupe tahun 1973.

GR Yaris edisi khusus ini mencuri perhatian dengan garis-garis retro yang menghiasi bodinya, mengingatkan pada livery klasik Corolla Rally. Pembaruan lainnya termasuk pelek forged 18 inci berlapis Heritage Gold yang mencolok, dilengkapi dengan ban semi-slick Pirelli P Zero Trofeo R untuk performa maksimal. Namun, ada satu hal yang mungkin mengecewakan para purist: edisi ini hanya tersedia dengan transmisi otomatis delapan percepatan. Bagi yang menginginkan sensasi mengemudi manual, GR Yaris reguler masih menjadi pilihan.

Toyota juga menambahkan beberapa detail eksklusif seperti emblem khusus di eksterior, plakat bernomor di dalam kabin, dan sertifikat keaslian yang menegaskan bahwa mobil ini bukanlah GR Yaris biasa. Paket teknologi Tech Pack juga termasuk dalam standar, menghadirkan fitur-fitur seperti sensor parkir, monitor blind spot, dan Rear Cross Traffic Alert.

Dengan harga €67.500 (sekitar Rp1,1 miliar), GR Yaris TGR Italy Limited Edition memang tidak murah. Hanya 51 unit yang akan diproduksi, masing-masing mewakili setiap tahun sejak kemenangan bersejarah Toyota di ajang rally Press On Regardless (POR) di Detroit pada tahun 1973. Saat itu, Walter Boyce dari Kanada dan co-driver-nya Doug Woods berhasil membawa Corolla 1600 Coupe meraih kemenangan di jalan-jalan Michigan, menandai kemenangan pertama Toyota di WRC.

Meski harga tersebut terasa mahal jika dibandingkan dengan GR Corolla yang dibanderol US$37.635 atau Rp 564,53 juta di Amerika Serikat, perbedaan pajak dan biaya lainnya membuat harga mobil baru di Eropa umumnya lebih tinggi. Di Italia, misalnya, pembeli harus membayar Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 22%, belum termasuk biaya tambahan lain yang dikenakan untuk kendaraan berperforma tinggi dengan emisi tinggi.

Toyota Italia membuka pemesanan pada 9 September dengan deposit awal €2.500. Selain mobil edisi terbatas, setiap pembeli juga akan mendapatkan penutup mobil bernomor, dua tiket VIP untuk musim TGR Italia 2025, serta pakaian bermerek TGR Italy. Debut publik GR Yaris TGR Italy Limited Edition dijadwalkan pada Oktober, dengan pengiriman dimulai sebelum akhir tahun ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts