Lexus tengah bersiap untuk memperkenalkan desain baru yang sangat berbeda pada kendaraan listrik (EV) masa depan mereka. Menurut Simon Humphries, Kepala Desain Global Lexus, konsumen menginginkan sesuatu yang lebih ekspresif dan unik. Konsep LF-ZC dan LF-ZL baru-baru ini memberikan gambaran awal tentang arah desain radikal yang akan diambil Lexus.
Dua konsep mobil ini, yang tampak sangat berbeda dari sedan dan SUV Lexus yang ada saat ini, akan segera diwujudkan dalam bentuk model produksi. Berkat metode konstruksi baru dan platform yang lebih canggih, Lexus kini memiliki kebebasan untuk memperluas interior kendaraan mereka sekaligus mengusung desain yang lebih berani.
Lexus akan meluncurkan model pertama dengan desain baru ini dalam bentuk versi produksi dari LF-ZC yang mencolok. Arah desain baru ini diperkirakan akan sama dramatisnya dengan pengenalan spindle grille oleh Lexus pada tahun 2011, yang saat itu sukses memberikan karakter kuat pada merek tersebut.
“Kami ingin memberikan karakter pada Lexus,” ujar Humphries saat membahas desain spindle grille. “Bahkan pada beberapa kendaraan di mana kami hanya melakukan perubahan kecil, penjualannya hampir dua kali lipat. Jadi, ada banyak orang di luar sana yang sebenarnya sepikiran dengan hal semacam itu. Mereka menginginkan mobil yang lebih ekspresif.”
Langkah ini diakui sebagai lompatan besar bagi Lexus, namun Humphries menegaskan bahwa merek tersebut selalu menantang standar yang dianggap sebagai norma pada masanya. “Penting untuk berpikir, ‘Apakah ini akan diterima? Apakah ini terlalu jauh? Menantang adalah hal yang benar untuk dilakukan,'” tambahnya seperti dikutip Carscoop
LF-ZC saat ini menjadi interpretasi paling dramatis dari jalur desain baru Lexus. Mobil ini memiliki garis sabuk rendah yang dicapai melalui penggunaan modul baterai yang lebih tipis, yang juga menurunkan pusat gravitasi serta meningkatkan handling dan respons kendaraan. Selain itu, LF-ZC dilengkapi dengan kaca depan besar yang membentang lebih jauh ke depan dibandingkan mobil-mobil lainnya, memungkinkan pengemudi untuk melihat hingga bagian bawah objek yang berada tepat di depan kap mesin. Fokus utama pada aerodinamika membuat Lexus menargetkan koefisien drag di bawah 0,2 untuk model ini.