Toyota Berencana Pindah Pabrik pada 2026

Toyota berencana untuk pindah ke fasilitas baru yang dirancang khusus untuk program reli di Finlandia pada tahun 2026. Langkah ini diambil seiring dengan kebutuhan untuk memperbesar fasilitas di Finlandia menyusul program Rally2 yang terus berkembang.

Rencana untuk fasilitas baru ini pertama kali diungkapkan sebelum Secto Rally Finland tahun lalu, dan kini tim telah memberikan rincian lebih lanjut mengenai tempat yang juga akan memiliki trek aspal untuk pengujian awal mobil yang diproduksi.

Jari-Matti Latvala, kepala tim Toyota, menyatakan, “Jika semuanya berjalan lancar, kami bisa pindah pada 2026, tetapi jika tidak, mungkin akan menjadi 2027. Ini adalah bangunan baru dari nol untuk menampung semua yang kami butuhkan untuk program saat ini. Trek ini akan digunakan untuk memeriksa mobil setelah mereka dibangun – bukan untuk pengujian kecepatan tinggi. Ini adalah fasilitas shakedown di mana roda berputar untuk pertama kalinya,” ungkapnya seperti dikutip DirtFish

Toyota telah menjalankan delapan mobil pada Rally Finland tahun ini, termasuk tiga unit GR Yaris Rally2 yang baru diperkenalkan untuk tahun 2024. Sejak mengembangkan dan membangun mobil GR Yaris Rally2, pabrikan asal Jepang ini merasa telah melampaui kapasitas basis Jyväskylä yang mereka dirikan pada tahun 2021.

Dari awal program WRC pada tahun 2015, Toyota telah berpindah dari Puuppola, tempat dimulainya di pabrik Tommi Mäkinen, ke Tallinn, Estonia, sebelum akhirnya tiba di Jyväskylä, di pinggiran kota yang menjadi tuan rumah Secto Rally Finland.

Fasilitas baru ini terletak sekitar 10 mil utara kota, dekat dengan bandara. Latvala menambahkan, “Rencana baru ini sangat menggembirakan, tidak hanya untuk kami tetapi juga untuk semua orang di Jyväskylä dan bagian tengah Finlandia. Toyota berkomitmen untuk berinvestasi di daerah ini – itu berarti bekerja sama dengan bisnis lokal dalam pembangunan fasilitas baru ini. Sebagai contoh, kami berencana untuk menggunakan pengembang dan perusahaan konstruksi lokal.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts