Mobil dengan Sasis Skateboard CATL akan Segera Hadir

Neta Auto mengumumkan bahwa Neta S 800V yang akan datang akan menggunakan sasis skateboard CATL–Perusahaan Baterai Contemporary Amperex Technology Co Limited– yang dikenal sebagai CIIC (CATL Integrated Intelligent Chassis). Ini, diklaim, merupakan mobil produksi pertama di dunia, dimana Neta S Wagon bukan hanya yang pertama menggunakan model sasis skateboard CATL tetapi juga yang pertama menggunakan sasis skateboard apa pun. Versi 800V dari mobil Neta S yang menggunakan sistem CIIC akan diperkenalkan ke publik pada akhir Agustus, mungkin di Pameran Mobil Chengdu mendatang.

Sistem CIIC CATL adalah sasis EV dengan baterai dan drivetrain elektrik, suspensi, rem, dan komponen lain yang terintegrasi terlebih dahulu. Sistem ini juga mencakup teknologi sel-ke-sasis (CTC). Mungkin keuntungan terbesar dari sistem skateboard adalah bodi mobil bagian atas dan bawah dapat dipisahkan dan diputus, yang berarti keduanya dapat dikembangkan secara paralel, sehingga mempersingkat waktu pengembangan.

Tahun lalu, CATL mengumumkan bahwa platform skateboard CIIC telah menyelesaikan pengujian di Tiongkok dan mencapai jarak tempuh 1000 km yang diukur menggunakan siklus CLTC dengan konsumsi 10,5 kWh per 100 km. Lebih jauh lagi, ia berhasil mengisi daya yang setara dengan jarak tempuh 300 km dalam 5 menit. Efisiensi baterai dilaporkan mencapai 75%. Di atas sasis terdapat sedan kelas B yang diyakini berasal dari Neta.

Houzon Auto, pemilik merek Neta, adalah mitra pertama yang menandatangani perjanjian dengan CATL untuk menggunakan sasis skateboard pada Januari 2023. Saat itu, diumumkan bahwa mobil pertama yang menggunakan CIIC akan diluncurkan pada Q3 2024.

Sebelumnya dikabarkan bahwa Huawei dan Seres juga telah menandatangani MOU untuk menggunakan sasis tersebut. Selain itu, CATL juga telah menandatangani kemitraan untuk papan luncur CIIC dengan BAIC dan produsen Vietnam VinFast.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts