GIIAS 2024 Pecahkan Rekor, Tandai Keberhasilan Industri Otomotif Indonesia

GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang diselenggarakan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) resmi berakhir pada Minggu, 28 Juli 2024. Pameran otomotif yang telah memasuki penyelenggaraan ke-31 ini menorehkan capaian luar biasa dengan memecahkan berbagai rekor.

GIIAS 2024 menjadi pameran otomotif terbesar sepanjang sejarah dengan penggunaan lahan seluas 120.000 meter persegi yang terbagi dalam 11 hall. Lebih dari 55 merek kendaraan penumpang, komersial, dan sepeda motor, serta lebih dari 120 merek industri pendukung otomotif turut berpartisipasi dalam ajang internasional ini.

Keberhasilan GIIAS 2024 juga ditandai dengan peluncuran dan perkenalan sebanyak 68 kendaraan penumpang dan komersial, termasuk satu world premiere, serta 5 model sepeda motor dengan teknologi terkini.

Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi, mengungkapkan rasa bangganya atas capaian GIIAS 2024. “Kami sangat bangga karena GIIAS 2024 telah berhasil memenuhi komitmen untuk memberikan informasi dan edukasi tentang perkembangan industri otomotif Indonesia kepada masyarakat. Jumlah peluncuran kendaraan di GIIAS 2024 merupakan yang terbesar sepanjang sejarah,” ujar Yohannes.

Konferensi dan Seminar Bertema Masa Depan Mobilitas Berkelanjutan

GIIAS 2024 juga menjadi wadah untuk membahas masa depan industri otomotif melalui the 18th GAIKINDO International Automotive Conference (GIAC) dengan tema “Inspiration, Innovation on Zero Emission”. GIAC menghadirkan pembicara kunci dari Staff Khusus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Bapak Agus Tjahajana Wirakusumah, serta empat narasumber terkemuka lainnya.

Selain GIAC, GIIAS 2024 juga menyelenggarakan dua seminar harian dengan tema “Peluang & Tantangan Implementasi Bioetanol di Indonesia” dan “Upaya Indonesia Menjadi Pelaku Utama Industri Otomotif di ASEAN”. Ketiga forum ini berhasil menarik lebih dari 700 peserta undangan yang menunjukkan antusiasme tinggi terhadap isu-isu otomotif terkini.

Rekor Jumlah Pengunjung dan Test Drive

GIIAS 2024 mencatat rekor jumlah pengunjung dengan total 475.084 orang, melampaui jumlah pengunjung pada tahun 2019. Antusiasme pengunjung didukung oleh program test drive dengan pilihan kendaraan lengkap dan fitur unggulan area New and Improve Water Obstacle dan Articulation Obstacle yang dirancang khusus untuk menguji durabilitas dan performa kendaraan, termasuk kendaraan bermotor berbasis listrik.

GIIAS 2024 juga menyediakan area test drive terbesar dengan total lebih dari 150 unit kendaraan test drive dan lebih dari 25 unit kendaraan test ride. Sepanjang pameran, tercatat lebih dari 18 ribu trip mobil dan 6 ribu trip sepeda motor.

Dukungan Sponsor dan Rencana GIIAS di Masa Depan

Penyelenggaraan GIIAS 2024 mendapat dukungan penuh dari berbagai sponsor, termasuk Astra Financial sebagai platinum sponsor, Pertamina sebagai Powered by Sponsor, dan OLXmobbi sebagai Official Trade in Partner.

Rizwan Alamsjah, Ketua III dan Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO, menyatakan bahwa GIIAS 2024 telah menjadi bukti nyata keberhasilan industri otomotif Indonesia. “Kami yakin GIIAS 2024 telah menjalankan perannya dengan sangat baik dalam mendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia,” jelas Rizwan.

GIIAS 2024 akan berlanjut di tiga kota lainnya di Pulau Jawa: Surabaya (28 Agustus–1 September 2024), Bandung (25–29 September 2024), dan Semarang (23–27 Oktober 2024).

GAIKINDO berencana untuk menyelenggarakan GIIAS 2025 di ICE – BSD City, Kab. Tangerang dengan skala yang lebih besar dan lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts