Legenda WRC Petter Solberg Akan Kembali Bertanding Rally

Petter Solberg, juara FIA World Rally Championship tahun 2003, akan kembali turun ke arena reli. Ia akan mengikuti BAUHAUS Royal Rally Scandinavia, kejuaraan FIA European Rally Championship (ERC), bulan depan. Petter, ayah dari bintang WRC2 saat ini Oliver Solberg, meraih gelar WRC pertamanya bersama Subaru pada tahun 2003 lalu, mengalahkan pebalap legendaris seperti Richard Burns, Sébastien Loeb, dan Carlos Sainz.

Hampir lima tahun sejak pertandingan kompetitif terakhirnya di Wales Rally GB pada 2019, perally berusia 49 tahun itu akan kembali beraksi di putaran ketiga ERC menggunakan Volkswagen Polo GTI R5. Petter akan didampingi oleh Jonas Andersson, yang saat ini menjadi navigator Gus Greensmith di WRC2.

“Seru rasanya,” kata Solberg. “Setiap kali saya berada di bengkel, mobil ini seolah meminta untuk digunakan! Tidak bisa diabaikan begitu saja. “Anda tahu saya, Anda tahu keluarga ini – reli adalah segalanya bagi kami. Tahun lalu saya mengajak ibu saya jalan-jalan dengan Citroën C4 WRC saya di salah satu etape Royal Rally. Itu menyenangkan, tetapi Oliver yang bersenang-senang dan memenangkan reli,”seperti dilansir WRC.

Solberg mengaku senang menjadi prioritas utama selama ajang gravel kecepatan tinggi ini, yang bertempat di kota Karlstad, Swedia dan berlangsung dari 13 – 15 Juni mendatang. “Saya tidak pergi ke sana untuk menang, ini untuk unjuk gigi dan menikmati mengemudi,” tegasnya. “Ini akan sulit. Sudah lima tahun sejak saya mengikuti Rally GB (memenangkan WRC2 dan finis di urutan ke-10 secara keseluruhan).

“Saya senang Jonas [Andersson] menjadi navigator saya, ini adalah sesuatu yang menyenangkan. Kami tinggal berdekatan, tetapi belum pernah bertanding [bersama] sebelumnya. “

Solberg melanjutkan, dia sangat menantikan kejuaraan ini, kembali ke mobil adalah sesuatu yang istimewa. Lihatlah Carlos [Sainz], dia luar biasa bisa memenangkan Dakar dan melakukan apa yang dia lakukan. Dia adalah rekan satu tim saya pada tahun 1999, dan orang yang hebat dan spesial bagi saya dalam karier saya dan dia masih menjadi inspirasi.”

Solberg mencatatkan 190 start, 13 kemenangan, dan satu gelar juara dunia selama berkarir di WRC bersama tim-tim seperti Ford, Subaru, dan Citroën.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts