Lin Jarvis Mundur Dari tim Yamaha MotoGP  Akhir 2024

Bos tim Yamaha MotoGP, Lin Jarvis, akan meninggalkan Tim Yamaha MotoGP  di akhir musim 2024 ini. Dalam percakapannya  dengan Motorsport.com,  pria yang  berusia 66 tahun dan telah memimpin divisi balap Yamaha selama 26 tahun. Sebagai bos tim Yamaha, pria asal Inggris ini memainkan peran yang sangat penting dalam kebangkitan perusahaan di pertengahan tahun 2000-an.

Bersama Davide Brivio, ia mampu meyakinkan Valentino Rossi untuk bergabung dengan proyek tersebut pada tahun 2004 ketika pembalap Italia itu sudah tiga kali menjadi juara bersama Honda. Bersama Rossi, Yamaha merebut gelar juara pada 2004, 2005, 2008, dan 2009, sebelum memasuki era Jorge Lorenzo yang dinobatkan sebagai juara pada 2010, 2012, dan 2015.

Setelah periode dominasi Marc Marquez dan Honda – enam dari kemungkinan tujuh gelar antara tahun 2013 dan 2019 – Fabio Quartararo mendapatkan kembali gelar juara untuk Yamaha pada tahun 2021. Total ada delapan gelar juara dunia yang diraih Yamaha di bawah asuhan Jarvis.Salah satu kontribusi terbaru pemain Inggris itu adalah menandatangani perpanjangan kontrak Quartararo, yang diumumkan pekan lalu, menjadi kontrak baru berdurasi dua tahun.

Agenda berikutnya  Jarvis adalah mencapai kesepakatan dengan salah satu tim independen, untuk mendapatkan kembali struktur satelit yang diberikan Yamaha setelah tidak memperbarui kesepakatannya dengan RNF  pada  2023 lalu. “Ini akan menjadi musim terakhir saya di Yamaha, saya akan berhenti pada akhir tahun ini,” kata Jarvis. “Saya akan memutuskan nanti apa yang akan saya lakukan, untuk apa saya mendedikasikan waktu saya.”

Jarvis  mulai bergabung dengan tim pabrikan pada tahun 1999. Ini merupakan periode yang sangat panjang.  Dia telah melakukan  pekerjaan di Tim Yamaha  selama 26 tahun, dan sungguh  hal yang luar  biasa  untuk memimpin sebuah proyek, di sebuah pabrik, dalam jangka waktu yang lama.

Meski enggan membeberkan nama penggantinya, Motorsport.com memahami bahwa kandidat ideal di mata komite eksekutif merek tersebut adalah Paolo Pavesio, yang saat ini menjabat sebagai direktur pemasaran dan balap Yamaha Eropa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts