Garda Oto Ajak Komunitas Mobil Menerapkan  Eco Driving Saat Mudik

Mudik menjadi tradisi tahunan menjelang hari raya besar seperti Lebaran. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan jumlah pemudik pada  Hari Raya Idulfitri mencapai 193,6 juta orang. Perkiraan itu naik dari tahun lalu dengan jumlah pemudik sebanyak 123,8 juta orang. Diharapkan para pengendara memperhatikan keselamatan agar tetap aman dan nyaman untuk dirinya dan pengendara lain di perjalanan. 

 

Garda Oto, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra aktif memberikan literasi dan edukasi akan pentingnya berkendara dengan aman, selaras dengan kampanye #AlwaysDriveSafely menyelenggarakan Car Community Gathering, OtomoTALKS; #LangkahSederhana Terapkan Eco Driving Saat Mudik dan menggandeng para komunitas mobil untuk hadir di Rumah Sarwono.

 

Pada sesi sharing pertama OtomoTALKS, Garda Oto berikan edukasi safety driving khususnya bagi para komunitas yang ingin melakukan mudik yang dijelaskan oleh Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana. 

 

Dalam materinya, Sony menjelaskan pentingnya melakukan persiapan sebelum berkendara mudik, seperti melakukan inspeksi kendaraan sebelum digunakan agar mobil dalam keadaan prima ketika berangkat dan pulang dari mudik. Pengelolaan stres dan rasa lelah saat perjalanan juga disampaikan karena sering menjadi perhatian utama ketika menempuh perjalanan jauh.

 

 

Menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pengaplikasian teknik eco driving terbukti  menghemat pemakaian bahan bakar 10-15%. Tekniknya adalah mengemudi menerapkan prinsip-prinsip dasar safety driving, untuk berkendara lebih efisien, hemat bahan bakar, dan mengurangi polusi.

 

Tentukan rute pengisian bahan bakar dan peristirahatan agar perjalanan berlangsung secara efektif, hingga perhitungan biaya tol dan bensin yang akan digunakan.  Tahap persiapan, peran eco driving sangat penting karena membantu mengelola pengeluaran operasional lebih baik lagi akibat dari penghematan bahan bakar yang digunakan. 

 

Para pengendara juga  harus memberikan perlindungan asuransi terhadap mobilnya guna memitigasi risiko atas kerugian yang tidak dapat diprediksi atau tidak diinginkan terjadi,” Tambah Sony.

 

Head of PR & Activation Asuransi Astra, Angela Anindita menjelaskan bagi pelanggan Garda Oto yang ingin melakukan klaim selama periode mudik tidak perlu khawatir, karena layanan Garda Center dari Garda Oto tetap buka mengikuti jam operasional mall.

 

Guna memudahkan proses klaim, Angela menghimbau untuk memastikan polis asuransi mobil dan Surat Izin Mengemudi (SIM) pengemudi aktif, memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang masih berlaku dan surat keterangan kepolisian setempat, idak melanggar aturan/rambu lalu lintas, penggunaan kendaraan sesuai dengan yang tercantum pada polis, tidak berada di bawah pengaruh alkohol atau obat terlarang, serta memahami  ketentuan risiko yang dijamin, perluasan jaminan yang dimiliki, serta pengecualian pada polis agar klaim makin lancar. 

 

OtomoTALKS juga mengadakan Car Community Mudik Safety Challenge “How Safety Are You?”. Challenge ini mengajak komunitas  mengkreasikan mobilnya seperti akan digunakan untuk pergi mudik dengan tetap memperhatikan keselamatan dan kenyamanan berkendara di jalan.

 

Komunitas juga mengunggah tips mudik aman ala mereka untuk memperluas edukasi keselamatan berkendara. Selain photo challenge, Garda Oto juga menghadirkan booth aktivasi sebagai bagian dari literasi dan pengenalan beragam produk dan layanan Garda Oto melalui games berhadiah yang dapat diikuti para peserta.

 

“Berkendara aman bukan hanya soal nyawa sendiri, tetapi juga tentang toleransi dan peduli. Dalam berkendara aman kita dapat menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi lebih baik lagi yaitu dengan menerapkan eco driving. Selain membantu mengurang polusi udara, eco driving dapat menciptakan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang saat berkendara karena mendorong para pengendara untuk mengurangi kecepatan dan menghindari jarak aman agar mudik Lebaran tahun ini, dapat melangsungkannya  peace of mind sehingga momen Lebaran menjadi lebih bermakna dan berlimpah dengan manfaat baik pula.

Semoga melalui kegiatan ini, rekan-rekan komunitas mobil sebagai salah satu pelopor keselamatan berkendara bisa menyebarkan informasi lebih luas lagi sehingga mudik Lebaran tahun 2024 ini bisa lebih aman dan nyaman,” Tutup Head of PR, Marcomm, & Event Asuransi Astra, Laurentius Iwan Pranoto.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts