Kenjiro Shinozuka Perally Legendaris Jepang Wafat  .

Kenjiro Shinozuka perally  legenda Jepang wafat di usia 75 tahun. Dunia rally khusunya di Jepang , kehilangan salah satu sosok yang andal di jaga rally internasional ini. . Dimasa jayanya dia boleh dikata sebagai   pelopor motorsport Jepang. Pada tahun 1991, ia membuat sejarah dengan meraih kemenangan di Pantai Gading, menjadi pembalap Jepang pertama yang meraih kemenangan di putaran Kejuaraan Reli Dunia FIA. Dia memenangkan acara yang sama 12 bulan kemudian, dikemudikan bersama oleh John Meadows dari Inggris.

Lahir di Tokyo pada tahun 1948, perjalanan Shinozuka dimulai di Mitsubishi Motor Corporation, di mana ia menggabungkan perannya sebagai salesman dan mekanik dengan kecintaannya pada kompetisi. Dengan dukungan kerja dari Mitsubishi pada akhir 1980an, ia menjadi yang terdepan dalam putaran ketahanan WRC dengan menggunakan Galant VR-4.

Setelah WRC, semangat petualangan Shinozuka membawanya ke pasir yang melelahkan di Reli Dakar. Dari 22 penampilannya, ia terkenal karena kemenangannya pada tahun 1997, saat mengendarai Mitsubishi Pajero, yang menandainya sebagai orang non-Eropa pertama yang menaklukkan Dakar.

Pensiun dari kompetisi motorsport  pada tahun 2007, Shinozuka tetap menjadi sosok yang dihormati di masyarakat. Kemenangan dalam World Solar Challenge 2009, mengendarai mobil bertenaga surya untuk Universitas Tokai, menegaskan komitmennya terhadap inovasi dan ia dilantik ke dalam Japan Automotive Hall of Fame pada tahun 2022.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts