Kolaborasi Yang  Melahirkan Produk Kerajinan Warisan Budaya

Kolaborasi Cenderamata Astra dan Semilir melahirkan produk kerajinan yang memadukan warisan budaya Indonesia. Setiap motifnya menorehkan cerita serta warna-warni yang menyimpan makna, produk yang dihasilkan menggunakan bahan alami atau serat natural yang berasal dari alam dengan melibatkan ibu-ibu warga sekitar sebagai pengrajin produk ramah lingkungan ini. “Kolaborasi ini mengedepankan nilai-nilai kesejahteraan sosial ekonomi pihak yang terlibat di dalamnya melalui kegiatan pemberdayaan yang sejalan dengan Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Jaket bomber dan kimono batik indigo menjadi,hasil kolaborasi Cenderamata Astra dan Semilir yang dibuat dari tangan-tangan terampil para Ibu pengrajin produk ramah lingkungan ini. Setiap potongan pakaian dan aksesori dirancang dengan sentuhan modern berbahan alami yang mendukung kehidupan berkelanjutan dan dihiasi dengan warna biru alami hasil panen petani tanaman indigofera.

Produk lainnya yaitu card holder dan pouch perpaduan kulit sapi dan kulit kayu lantung. Kulit kayu lantung berasal dari pohon sejenis sukun-sukunan yang bergetah dan menjadi bagian dari sejarah masyarakat Bengkulu karena digunakan sebagai pengganti tekstil pada masa penjajahan Jepang.

Tahun 2015, kulit kayu lantung ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia oleh Kementerian Pendidikan dan Budaya Republik Indonesia. Dalam produk ini, Semilir memberikan inovasi pada warna kulit kayu Lantung menggunakan pewarna alam indigo sehingga memberikan harmonisasi alam yang menambah keelokan rupa kulit kayu lantung yang selaras dengan warna biru pada logo Astra. “Bangga sekali. Kolaborasi ini menjadi penerus perjuangan kami dalam upaya mengenalkan produk fesyen yang berkelanjutan di Indonesia,” ujar Penerima Apresiasi 13th SATU Indonesia Awards 2022 Alfira Oktaviani.

Semangat Astra dalam berkolaborasi dengan anak bangsa serta mendukung terciptanya produk kerajinan warisan dan masa depan Indonesia sejalan dengan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts