Sektor Otomotif Diharapkan Mendukung Target Carbon Neutral

Ke depannya sektor otomotif  diharapkan bisa menerapkan  konsep green mobility  atau Mobilitas Hijau merupakan–sebuah  konsep yang menawarkan mobilitas minim polusi udara atau  konsep mobilitas  yang  berusaha untuk mengurangi polusi suara—dengan menciptakan kendaraan yang rama lingkungan. Demikian keterangan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam pembukaan pameran bisnis kendraan komersial, Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024.

Menperin Agus menambahkan, dukungan daripara pelaku industri, termasuk otomotif untuk menciptakan Indonesia sebagai negara green mobility sangat penting. ““Green mobility menjadi titik berat manufaktur untuk menghasilkan kendaraan yang ramah lingkungan dengan berbagai kemajuan teknologi, sehingga sektor otomotif dapat mendukung target carbon neutral di tahun 2060,” ujarnya.

Pada  GIICOMVEC dibuka pada 8 Maret 2024 lalu.  Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO menyampaikan bahwa tahun 2023 industri kendaraan bermotor Indonesia berhasil mencatatkan angka wholesale yang mengesankan, kendaraan komersial memberi kontribusi 23,6% dan angka itu akan terus ditingkatkan. Pameran yang diikuti oleh 13 merek kendaraan komersial  dan beberapa industri pendukungnya akan berlangsung hingga tanggal 10 Maret.

Pada area Hall A terdapat light commercial vehicle dari merek Daihatsu, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota dan Wuling.  Sedangkan pada area Hall B hadir Foton, Hino, Isuzu, Mercedes-Benz Truck & Bus, Mitsubishi Fuso, UD Trucks, dan United Tractors. Serta terdapat juga karoseri, Adiputro, Delima Mandiri dan MTU dan industri pendukung lainnya yang memeriahkan ajang GIICOMVEC 2024 ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts