Kinerja 5 brand services FIF
Dengan dukungan dari lima brand services FIF, yaitu FIFASTRA, SPEKTRA, DANASTRA, FINATRA, dan AMITRA, Perseroan berhasil meraih pencapaian positif pada tahun 2023.
Contoh misalnya FIFASTRA, yang menyediakan layanan pembiayaan sepeda motor Honda, mencatat pertumbuhan nilai penyaluran pembiayaan sebesar 26,0% secara yoy pada tahun 2023, mencapai Rp26,9 triliun dibanding tahun 2022 yang mencatatkan nilai penyaluran pembiayaan sebesar Rp21,4 triliun. Kontribusi dari FIFASTRA terhadap pencapaian nilai penyaluran pembiayaan FIF melampaui 60%.
Selain itu, dari segi jumlah unit sepeda motor Honda yang didanai, FIF melalui FIFASTRA membukukan pembiayaan kepada 1,6 juta unit pada tahun 2023, naik sebesar 28,3% secara yoy dibandingkan dengan tahun 2022 yang mencapai 1,2 juta unit.
Pada brand services FIF yang melayani pembiayaan multiguna, yaitu DANASTRA, tercatat pertumbuhan nilai penyaluran pembiayaan pada tahun 2023 menjadi Rp13,4 triliun, naik sebesar 7,9% secara yoy dibandingkan dengan tahun 2022 yang mencatatkan nilai pembiayaan sebesar Rp12,4 triliun. .
Dilihat dari jumlah unit yang didanai, terdapat pertumbuhan sebesar 4,5% secara yoy pada tahun 2023 menjadi 1,43 juta unit dibanding periode yang sama pada tahun 2022 yang mencapai 1,36 juta unit
FINATRA, yang menyediakan layanan pembiayaan mikroproduktif untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), mencatatkan nilai penyaluran pembiayaan sebesar Rp1 triliun atau naik sebesar 239% secara yoy dibandingkan dengan tahun 2022 yang mencapai Rp310 miliar.
FINATRA brand services baru dari FIF yang diluncurkan pada Juli 2022 mercatat pada 2023 sebanyak lebih dari 13 ribu unit, naik sebesar 313% secara yoy dibandingkan dengan tahun 2022 yang mencapai lebih dari 3 ribu unit.
Untuk brand services FIF yang menawarkan pembiayaan syariah, AMITRA mencatatkan kenaikan sebesar 89,1% secara yoy pada tahun 2023, yaitu sebesar Rp503 miliar dibandingkan dengan tahun 2022 yang mencapai Rp266 miliar.
Secara jumlah unit booking, AMITRA mencatatkan pertumbuhan sebesar 54,9% secara yoy pada tahun 2023, yakni sebesar 21 ribu unit dibandingkan dengan tahun 2022 yang mencapai 13 ribu unit.
Meskipun demikian, kinerja SPEKTRA, yang menyediakan layanan pembiayaan multiproduk mulai dari gadget, elektronika, hingga perabot rumah tangga, mengalami penurunan nilai penyaluran pembiayaan sebesar 35,9% secara yoy menjadi Rp451 miliar.
Begitu pula dari sisi jumlah unit yang didanai, mengalami penurunan sebesar 18,0% secara yoy menjadi 93 ribu unit. Tahun 2024 dihadapi dengan berbagai tantangan. FIF akan terus mengedepankan pertumbuhan yang dibarengi dengan inovasi dan kreativitas dalam menyajikan solusi pembiayaan pilihan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia. “Tidak hanya mencatatkan pertumbuhan kinerja yang baik, kami akan tetap berkomitmen pada pertumbuhan yang berkelanjutan,” tutur Margono.