Waspadai Komponen Mobil yang Berpotensi Terganggu Karena Cuaca Panas 

Cuaca panas akibat musim kemarau panjang membuat AutoFamily harus memperhatikan kesehatan mobil. Jangan sampai mobil kesulitan menghadapi suhu udara yang tinggi, khususnya ketika harus berhadapan dengan jalan macet. Karena itu, perhatikan beberapa komponen berikut ini supaya tetap dapat berkendara aman di tengah cuaca panas.

Pertama Radiator. Gunakanlah radiator coolant TMO untuk menambah sempurna kinerja radiator.  Produk ini sudah sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan mobil Toyota serta iklim tropis Indonesia. AutoFamily juga harus memastikan radiator coolant tidak kurang dengan mengecek tangki cadangannya. Cek radiator dan pastikan tidak ada kebocoron atau karat, serta sirip radiator tidak penyok atau sobek. Selang dan sambungannya wajib diperhatikan karena ada risiko getas. Tutup radiator harus dalam kondisi prima karena tugasnya mengatur tekanan cairan radiator. Pastikan juga kipas pendingin radiator bekerja dengan baik.

Periksalah Ban Mobil. Segera ganti ban mobil ketika batas keausan telapak ban atau Tire Wear Indicator (TWI)  sudah terlihat. Tekanan udara ban yang terlalu rendah membuat dinding ban tidak dapat menahan gerakan naik-turun dengan baik, bahkan menekuk kalau terlalu kempis. Alhasil, defleksi pada dinding ban bakal lebih tinggi dari normal dan berisiko merusak anyaman kawat baja di dinding ban. Ban dapat meletus dalam kondisi pemakaian berat.

Rem Mobil. Gunakanlah  cairan rem TMO yang sesuai spesifikasi dan kebutuhan rem mobil Toyota di Indonesia supaya performanya tetap optimal. Cairan rem tidak boleh berkurang dengan mengecek tabung cadangannya di ruang mesin. Segera tambahkan, namun kalau terlalu sering kurang, bawa mobil ke bengkel Auto2000 untuk pemeriksaan. Pastikan tidak ada endapan lumpur di dalam tabung untuk mencegah sumbatan dalam sistem rem.

AC Mobil.  Jagalah kesehatan AC mobil biar AutoFamily tidak kegerahan dalam menghadapi cuaca panas.

Oli Mesin, Periksalah oli mesin dan gantilah bila perlu. Gunakan oli TMO yang sesuai kebutuhan dan spesifikasi mobil Toyota supaya oli mesin dapat menunaikan semua tugasnya dengan baik. “Memang cuaca panas yang menyengat ini membuat AutoFamily harus bisa peka terhadap mobil Toyota AutoFamily. Pastikan mobil dapat beradaptasi dan bekerja dengan baik di tengah cuaca panas dengan melakukan servis berkala di bengkel Auto2000 atau order layanan THS – Auto2000 Home Service,” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts