Soebronto Laras  telah berpulang.

Suzuki Indonesia Berduka. Soebronto Laras atau yang dikenal dengan Bapak Suzuki Indonesia telah meninggal dunia  kemarin dalam usia 79 tahun . Yonto, panggilan akrabnya lahir pada 5 Oktober 1943 di Jakarta. Sejak kecil, putera R Moerdono—importir Mobil Citroen, Tempo  & Combi– ini  sudah menunjukkan ketertarikannya pada dunia otomotif. Selain mengisi waktu senggangnya menjadi pebalap motor dan mekanik pada masa remaja, dia  memulai keseriusannya terhadap dunia otomotif dan kemudian   melanjutkan studi rekayasa mesin di Paisley College for Technology, Inggris. Kemudian, dia  melanjutkan ke  Hendon Collage sebagai Sarjana Administrasi Bisnis pada t 1972.

Suzuki Indonesia memulai tahun pertamanya dengan memproduksi sepeda motor A100 berlanjut kemudian ke A series (A5 – 8)  dan FR70. Baru di tahun 1976, Soebronto Laras ditunjuk sebagai  Presiden Direktur PT Indomobil Utama memulai gebrakan baru dengan mengenalkan mobil legendaris Suzuki Indonesia yaitu Carry ST20, mobil pick-up mungil 2 tak  yang akrab di masyakarat Indonesia.

Melanjutkan karirnya di industri otomotif, selama menjabat menjadi Direktur Utama PT Indomobil Sukses Internasional periode 1982 hingga 2002 silam, Soebronto Laras juga pernah menjadi Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), bahkan selama dua periode. Beliau pertama kali memimpin Gaikindo periode 1985-1987. Pada periode berikutnya (1988-1990), Soebronto Laras kembali dipilih sebagai Ketua Umum Gaikindo.

Soebronto Laras terus mengembangkan karirnya melalui jabatannya sebagai Presiden Direktur PT Indomobil Suzuki Internasional (yang kini berubah nama menjadi PT Suzuki Indomobil Motor) sejak 1990 hingga 2008 lalu. Di tahun 2002, beliau juga menjabat sebagai Komisaris Utama PT Indomobil Sukses Internasional hingga saat ini.

Hingga akhir hayatnya, dia masih menjabat sebagai  Komisaris PT Suzuki Indomobil Motor sejak 2014 silam, dan Wakil Presiden Komisaris PT Jurnalindo Aksara Grafika (Bisnis Indonesia) hingga sekarang.

Sejak kemunculan Suzuki Carry ST20 di awal perjalanan Suzuki Indonesia, Soebronto Laras bersama seluruh pihak yang terlibat dalam keluarga Suzuki Indonesia, terus mengembangkan produksi mobil, sepeda motor, serta outboard-motor (OBM), dan memberikan layanan aftersales yang terbaik hingga saat ini. 

Selain Suzuki mobil yang pernah dikembangkan adalah Mazda MR90 saat itu yang digadang-gadang sebagai mobil Nasional. Sayang, mobil ini tenggelam dan tidak berlanjut.

  
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts