PT PLN  Telah Bangun 620 SPKLU di Seluruh Indonesia

PT PLN (Persero) telah membangun 620 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di seluruh Indonesia. SPKLU tersebut tersebar di 363 titik di berbagai lokasi, seperti pusat perbelanjaan, hotel, restoran, SPBU, dan fasilitas umum lainnya. “Pembangunan SPKLU ini merupakan upaya PLN untuk mendukung pengembangan kendaraan listrik di Indonesia,” kata  Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PT PLN (Persero)..

Dramawan menjelaskan, dari total 620 SPKLU yang telah dibangun, sebanyak 56 unit berada di Jakarta. Jumlah tersebut tersebar di 36 titik di seluruh Ibu Kota. Selain SPKLU, PLN juga telah membangun 1.630 Stasiun Pengisian Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU). SPBKLU ini merupakan stasiun pengisian baterai kendaraan listrik yang menggunakan baterai yang dapat diganti.

PLN menargetkan untuk membangun 1.200 SPKLU dan 2.400 SPBKLU di seluruh Indonesia pada tahun 2024. Pembangunan SPKLU dan SPBKLU ini merupakan bagian dari upaya PLN untuk mendukung program pemerintah dalam pengembangan kendaraan listrik.

Program pemerintah dalam pengembangan kendaraan listrik tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Dalam peraturan tersebut, pemerintah  menargetkan untuk memiliki 200.000 unit kendaraan listrik pada tahun 2025.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Posts